Sukses

Ini Dia Sosok Dwikorita, Moderator Debat Cawapres Jilid IV

keputusan memilih Dwikorita berdasarkan hasil keputusan antara KPU dengan perwakilan kedua kubu capres-cawapres.

Liputan6.com, Jakarta - Debat calon wakil presiden (cawapres) antara Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan malam ini pukul 20.30 WIB. Debat dimoderatori oleh Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati.

Menurut Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis 26 Juni 2014, keputusan memilih Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dari UGM itu berdasarkan hasil keputusan antara KPU yang melakukan pertemuan dengan perwakilan dari kedua kubu pasangan capres dan cawapres.

"Kami kan sudah mengumpulkan 7 perempuan yang sudah kita kirimkan ke mereka. Mereka pilih 4 dan pilihannya itu Dwikorita ini. Yang kami ajukan dari awal kan juga begitu, kemudian jatuhnya ke siapa itu adalah ditentukan oleh apa yang dipilih oleh pasangan calon 1 dan 2," ujar Hadar.

Seperti yang dikutip dari website ugm.ac.id, Dwikorita Karnawati meraih gelar S1 dari UGM, S2 dan S3 dari Leeds University, United of Kingdom. Sejak 2003 hingga 2011, perempuan kelahiran 6 Juni 1964 ini dipercaya menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM.

Dwikorita banyak dikenal sebagai pakar sekaligus pengamat masalah kerentanan tanah akibat bahaya gempa bumi. Dia sempat pula membuat semacam zona atau peta daerah Bantul yang rawan terhadap gempa bumi dan tingkat intensitas kerentanannya pasca gempa 27 Mei 2006 silam. Bersama suaminya Prof. Ir. Sigit Priyanto, ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UGM.

Profesor bidang geologi ini juga pernah memperoleh beberapa penghargaan seperti The Young Academic Award, World Bank (1997) serta Leverhulme Professorship Award, Institute for Advanced Studies, University of Bristol, Inggris (2003). Selain itu, dalam ajang Seleksi Nasional Akademisi Berprestasi tahun 2010 UGM, Dwikorita juga meraih Kepala Program Studi Berprestasi di Tingkat Nasional. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.