Sukses

Survei IFES: Belum Banyak Pemilih yang Coblos Caleg Perempuan

Hasil survei IFES, hanya 9% responden yang memilih caleg perempuan untuk DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Calon legislatif (caleg) perempuan yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu, ternyata belum menjadi pilihan menarik bagi para pemilih.

Hasil survei International Foundation for Electoral System (IFES) mengenai Pendapat Masyarakat Indonesia tentang Pemilu Legislatif 2014, hanya 9% responden yang memilih caleg perempuan untuk DPR RI.

"Masih ada tantangan atau resistensi sosial bagi para pemilih, untuk memilih perempuan dalam Pemilu 9 April lalu," kata Direktur IFES Rakesh Sharma saat memaparkan surveinya di Menteng, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Menurut Rakesh, untuk keterpilihan caleg perempuan di provinsi hanya 9% responden, kabupaten/kota 12% responden, dan DPD 14% responden.

"Dengan angka yang masih terbilang minim ini, diperlukan usaha khusus yang ditujukan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses Pemilu," kata Rakesh.

Survei yang juga melibatkan Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini dilakukan pada Juni 2014 di 33 provinsi. Survei ini menggunakan metode tatap muka yang melibatkan 2009 responden, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error atau tingkat kesalahan 2,3%. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini