Sukses

Konflik Laut China Selatan Makan Wilayah RI? Jokowi: Keliru

Prabowo Subianto menyebutkan bahwa ada wilayah Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto, dalam Debat Capres Jilid III soal Politik Internasional dan Ketahanan Nasional, menyebutkan bahwa ada wilayah Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga yang bersengketa dalam konflik Laut China Selatan.

Namun Jokowi menyatakan hal itu tidak benar. Menurut dia, itu hanya urusan China dengan 4 negara ASEAN, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Vietnam.

"Ndak ada, ndak ada itu. Keliru itu. Itu urusannya Tiongkok dengan 4 negara Asean," tegas Jokowi usai Debat Capres Jilid III di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/6/2014) malam.

Meski demikian, jika terpilih sebagai Presiden, Jokowi berjanji akan berperan aktif dalam mencari solusi bersama. Tapi dengan catatan, jalan keluar itu harus bermanfaat bagi semua pihak agar konflik tidak meluas.

"Oleh sebab itu saya sampaikan bahwa, peran kita adalah peran aktif mencarikan solusi, mencarikan jalan keluar kalau itu memang bisa dilakukan. Tapi peran itu penting," ujar Gubernur non-aktif DKI Jakarta.

Pada Debat Capres, usai mendengar jawaban Jokowi soal Laut China Selatan, Prabowo berupaya memperdalam pertanyaan dengan menambahkan informasi bahwa ada wilayah Indonesia yang turut diklaim dalam sengketa tersebut.

"Yang ingin saya tanyakan, bagaimana sebaiknya kita bersikap. Karena kita bagian dari ASEAN. Ada 4 negara yang punya klaim, bagaimana kita sebagai negara terbesar di ASEAN abstain atau bela 4 kawan dalam masalah itu?" tanya Prabowo.

"Setahu saya di laut itu kita nggak punya konflik sama sekali. Kalau dibutuhkan masuk, tapi harus ada manfaatnya berisi solusi dan jalan keluar agar konflik tidak meluas dan memberi dinamika tidak baik," jawab Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.