Sukses

Puluhan Pesantren di Sukabumi Dukung Jokowi-JK

Ada beberapa ponpes besar yang menggalang massa seperti melakukan istigosah untuk mendoakan agar Jokowi-JK menang.

Liputan6.com, Sukabumi - Puluhan pondok pesantren (ponpes) di Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyatakan dukungannya terhadap calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pimpinan ponpes siap memenangkan Jokowi-JK pada pemungutan suara nanti, 9 Juli 2014.

"Di Kota Sukabumi, sedikitnya 40 ponpes yang sudah menyatakan mendukung Jokowi-JK, belum lagi ditambah pesantren yang ada di Kabupaten Sukabumi," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PKB Kota Sukabumi, Usep Ubaedilah, di Sukabumi, Minggu (22/6/2014).

Usep yakin, suara santri dan pengurus ponpes bulat mendukung Jokowi-JK. Dia menjelaskan, baik di kota maupun kabupaten Sukabumi, ponpes yang berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU) dan sudah menjadi tradisi di NU akan memberikan suara kepada kadernya yang maju menjadi calon pemimpin, baik tingkat daerah maupun nasional.

Bahkan ada beberapa ponpes besar yang menggalang massa seperti melakukan istigosah untuk mendoakan agar Jokowi-JK menang.

"Dengan banyaknya doa dan dukungan santri, ulama, kiai dan tokoh ponpes, kami optimis Jokowi-JK akan menang, khususnya di Sukabumi. Karena santri akan selalu nurut kepada perintah setiap ulama atau pimpinan ponpesnya," tambah dia.

Usep juga mengatakan, belum menerima informasi adanya tabloid Obor Rakyat yang disebar ke ponpes-ponpes. Jika ada, pihaknya akan menangkap oknum yang menyebarkan dan memprosesnya melalui hukum yang berlaku.

Dia yakin, kampanye hitam oleh tabloid itu tidak akan mempengaruhi dukungan kalangan ponpes untuk memberikan suaranya kepada calon kepala negara yang diusung 5 parpol koalisi yakni PDIP, PKB, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PKPI.

Usep mengatakan, Sukabumi merupakan daerah agamis dan peran ponpes, ulama, masih sangat berpengaruh. Sehingga, dengan adanya dukungan itu, pihaknya optimis Jokowi-JK akan menang mutlak di Sukabumi. Namun demikian, pihaknya akan tetap berjuang untuk memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 ini. (Ant/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini