Sukses

Jokowi Ingin Dubes RI Bisa Ikut Bantu Industri Kreatif

Menurut Jokowi, satu hal penting dalam industri kreatif adalah pemasaran sampai ke kancah internasional.

Liputan6.com, Cirebon - Kampanye capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) ke daerah Jawa Barat berlanjut dengan mengunjungi sentra batik di Cirebon. Di Toko Pesona Batik, Jokowi yang ditemani Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi menegaskan komitmennya pada pengembangan industri kreatif. Menurut Jokowi, satu hal penting dalam industri kreatif adalah pemasaran sampai ke kancah internasional.

"Industri kreatif yang belum secara baik diberikan perhatian, misalnya industri game dan animasi. Padahal di industri ini ada pasar yang dikuasai anak-anak muda kita," ujar Jokowi di Cirebon, Rabu 18 Juni 2014.

Gubernur nonaktif DKI Jakarta ini menambahkan, kreasi anak bangsa sebenarnya sangat bagus dan membanggakan. Namun, semua itu masih terkendala banyak faktor.

"Teknologi pembuatan kita udah ngerti, yang kurang adalah masuk ke pasarnya, termasuk pasar internasional. Karena itu negara harus hadir membantu pengembangan pasar bagi industri ini," tegas Jokowi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dia mengajukan salah satu solusi. "Yang bisa dilakukan adalah promosi oleh dubes-dubes kita. Mereka diarahkan untuk mempromosikan produk-produk kita. Sehingga harus bisa bernegosiasi dan bertransaksi," papar Jokowi menawarkan solusinya.

Pada kesempatan itu Jokowi juga kembali menegaskan komitmennya dalam kunjungan di Kota Udang itu. Menurut Jokowi, Cirebon adalah salah satu kota yang bisa membangun sinergi antara industri kreatif dengan pariwisata.

"Saya lihat di Cirebon dan sekitarnya kekuatan yang bisa dikembangkan adalah menggabungkan ekonomi kreatif berbasis budaya dengan pariwisata. Kenapa? Karena di sini ada batik yang khas dan Keraton Kasepuhan yang budayanya sangat tinggi," paparnya.

Menurut Mantan Walikota Solo ini, kalau manajemen promosi digarap dengan baik maka hasilnya akan sangat baik. Ia juga mengatakan bahwa dibutuhkan kerja sama antarkota dalam pengembangan industri kreatif dan pariwisata.

"Di Bandung dan Cirebon kan ada diferensiasi yang bisa dijadikan paket bersama. Kota dan kota tak bisa berdiri sendiri di era saat ini," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.