Sukses

Jokowi Ajak Ibu-ibu Naik Panggung Kampanye di Majalengka

Jokowi menyampaikan orasi menyampaikan visi dan misinya serta menangkis berbagai tudingan negatif yang mengarah kepadanya.

Liputan6.com, Majalengka - Calon presiden Joko Widodo berorasi di depan ribuan warga dan para pendukungnya dalam acara istighosah Akbar di lapangan GGM, Kota Majalengka, Jawa Barat. Tampil di acara tersebut, Jokowi menyampaikan orasi menyampaikan visi dan misinya serta menangkis berbagai tudingan negatif yang mengarah kepadanya.

Jokowi yang datang dengan didampingi oleh anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanul Haq tampak mengenakan baju kebesarannya, yaitu baju bermotif kotak-kota dan peci di kepalanya. Membuka orasinya, di hadapan ratusan pendukungnya Jokowi memilih lebih dulu menangkis berbagai bentuk kampanye hitam kepadanya.
‎
"Saya datang di sini mau bicara fitnah dulu. Soalnya fitnah ini luar biasa. Yang di Jawa Barat sudah selesai. Tapi yang di sekitar Jawa Timur ini yang harus diklarifikasi," kata Jokowi memulai orasinya, Rabu (18/6/2014).

Jokowi kemudian membantah seorang keturunan Singapura. Dia menegaskan, kedua orangtuanya asli Jawa Tengah, ayahnya berasal Karangayar, Solo sedangkan ibundanya berasal dari Desa Ngemplak, Boyolali.

"Jadi sudah tahu kan, kalau itu fitnah, itu berita bohong, jadi bila mendengar kabar itu, apa yang harus dilakukan. "Bilang itu bohong," ucap warga.

Selain menangkis isu negatif, dalam kesempatan itu, Jokowi mengajarkan para pendukungnya bagaimana cara mengajak warga yang belum mempunyai pilihan agar memilihnya pada 9 Juli 2014. Ia pun kemudian mengajak beberapa orang ibu untuk naik ke panggung dan memintanya untuk mencontohkan bagaimana mempengaruhi warga belum menentukan pilihan untuk memilih Jokowi-JK.

"Coba, sini ibu maju ke depan, kasih tahu bagaimana cara mengajak orang untuk memilih saya nanti. Wanita itu pun hanya tersenyum ke arah Jokowi dan tidak mengatakan apapun. Ia kebingungan saat diminta oleh Jokowi.

"Aduh, bagaimana cara ngajaknya," ujar wanita tersebut yang mengundang tawa para peserta kampanye.

Jokowi pun kembali memanggil warga lainnya, kali ini, yang dipanggil oleh Jokowi juga seorang perempuan. Kali ini, ia tampak cukup lancar menjalankan instruksi dari Jokowi.

"Tok..tok.. Ini loh, Pak Jokowi ini bagus, tidak ada pelanggarannya. Rajin blusukan. Di sana mah ongkang-ongkang (kaki wae). Tidak ada pelanggarannya. Pak JK juga banyak jasanya. Pak JK sudah menyelesaikan masalah di Poso. Pokoknya pilih nomor 2 nanti 9 Juli," ujar ibu tersebut.

Mendengar penjelasan wanita itu, Jokowi pun spontan tertawa. "Kalau ini bukan ngajak namanya. Tapi kampanye, ucap Jokowi sambil tertawa.

Setelah meminta 2 ibu tersebut, kepada para pendukungnya, mantan walikota Solo itu meminta kepada para pendukungnya untuk mengajak tetangga dan saudara-saudaranya untuk memilih nomor urut 2.

"Jadi, sudah tahu ibu-ibu, bapak-bapak bagaimana cara mengajaknya. Jadi ingat satu per satu caranya. Tapi tetap pilih nomor 2. Angkat tangannya ke atas," kata Jokowi sambil mengacungkan dua jarinya. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.