Sukses

Ribuan Ibu-ibu di Semarang Saweran untuk Jokowi-JK

Besaran sumbangan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 100 ribu, dan dana yang terkumpul mencapai Rp 17 juta lebih.

Liputan6.com, Semarang - Sejumlah perempuan memberi dukungan pada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (17/6/2014) dini hari, pernyataan dukungan dilakukan di Lapangan Bung Karno Ungaran, tempat mereka membubuhkan tanda tangan, Senin 16 Juni 2014.

Sebagai bukti dukungan kepada pasangan ini, acara diselingi dengan hiburan dangdut dan Khofifah Indar Parawansa selaku salah satu anggota tim sukses Jokowi-JK sempat berpidato. Baginya, penggalangan dukungan dari kaum perempuan lebih permanen karena tidak mudah tergoda, apalagi berpindah dalam memberi dukungan.

Hal paling menarik dari acara ini adalah tindakan nyata yang dilakukan pendukung Jokowi-JK. Mereka melakukan saweran atau pengumpulan dana secara spontan dan langsung kepada ratusan orang yang hadir dengan besaran uang mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 100 ribu. Dana yang terkumpul mencapai Rp 17 juta lebih.

Lain halnya dengan warga di Perumahan Wisma Tropopo, Sidoarjo, Jawa Timur.  Dukungan yang diberikan masih berupa deklarasi yang dipimpin oleh Bambang DH, mantan calon Gubernur Jawa Timur.

Selaku tim relawan, mereka berjanji akan mengawal dan mengantisipasi agar suara para pendukung Jokowi-JK tidak hilang di Jawa Timur setelah pencoblosan. Caranya melalui koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten dan provinsi.

Tim relawan ini juga menargetkan perolehan suara terhadap pasangan nomor urut 2 pada Pilpres 9 Juli mendatang minimal 60 persen. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini