Sukses

Janji Hatta Kembangkan Potensi Ekonomi di Pantai Barat Sumatera

Konsep ekonomi lain yang akan diterapkan adalah pengembangan koneksi jalur lalu linas darat antar kawasan di Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden pasangan nomor urut 1 Hatta Rajasa berkampanye di Banegkulu. Dia berjanji akan mengembangkan potensi perekonomian di pantai barat Pulau Sumatera.

Dalam kampanye di Bengkulu, Rabu (11/6/214), cawapres pasangan capres Prabowo Subianto itu mengatakan, konsentrasi pengembangan ekonomi wilayah pesisir selama ini hanya di kawasan timur. Padahal potensi yang dimiliki wilayah pesisir barat jauh lebih besar dan belum digarap secara maksimal.

"Bentangan Samudra Hindia memiliki posisi strategis sebagai kawasan yang secara ekonomi belum maksimal penanganannya. Ini PR (pekerjaan rumah) bagi kami untuk mengembangkan kawasan ini," tegas Hatta.

Konsep ekonomi lain yang akan diterapkan, ujar Hatta, adalah pengembangan koneksi jalur lalu linas darat antar kawasan di Sumatera. Di antaranya membangun jalan baru sebagai poros antar jalan lintas barat, lintas tengah dan lintas timur Sumatra.

Termasuk di Bengkulu, akan dibangun jalur kereta api yang langsung menuju pelabuhan. Tujuannya, untuk mengangkut hasil bumi dan kebutuhan logistik kepada masyarakat, serta mempermudah angkutan barang untuk diekspor melalui pelabuhan.

"Peningkatan perekonomian harus dimulai dengan pembangunan infrastruktur darat, yang terkoneksi dengan jalur angkutan laut dan udara. Potensi kita khususnya di Sumatera Bagian Selatan sangatlah besar. Kita akan maksimalkan itu," jelas Hatta. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.