Sukses

Jokowi Perkenalkan Kartu Indonesia Sehat dan Pintar di Medan

Dalam merealisasikan KIS, Jokowi berencana menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan rumah sakit swasta.

Liputan6.com, Medan - Calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo tengah berkampanye di Medan, Sumatera Utara. Pria yang akrab disapa Jokowi ini menyambangi perkampungan nelayan di wilayah Medan Labuhan, Sumatera Utara.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi memperkenalkan program yang akan ia jalankan jika nanti terpilih menjadi presiden RI, yaitu program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Mantan Walikota Solo ini mengakui kedua program tersebut mirip dengan dengan progran yang ia jalankan di DKI Jakarta, yaitu Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Meski baru sekadar perkenalan, Jokowi mengatakan, KIS dan KIP ini telah dikoreksi dan dievaluasi untuk nantinya dapat benar-benar direalisasikan di masyarakat.

"Targetnya untuk tempat-tempat yang sangat membutuhkan itu kita kejar, terutama provinsi dengan kemiskinan yang besar. Sudah tahu kan di NTT dan Papua," ujar Jokowi di Medan Labuhan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/6/2014).

Pria berperawakan kurus itu menjelaskan, dalam merealisasikan KIS, Jokowi berencana menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan rumah sakit swasta. Sejauh ini, program tersebut telah dikaji, termasuk perhitungan anggaran biaya.

"Itung-itungan setelah saya jadi presiden. Anggarannya saja masih disisain berapa, kan anggarannya berjalan," kata Jokowi.

Sementara sasaran program KIP adalah anak-anak yang kurang mampu dalam pembiayaan sekolah. Nantinya mereka akan mendapatkan bantuan biaya dari mulai tingkat SD hingga SMA.

"Anak yang pegang ini bisa sekolah sampai SMA dan SMK. Ini tidak urusan negeri atau swasta, asal pegang kartu, negeri atau swasta bisa," tandas Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.