Sukses

Jokowi ke Prabowo: Terlalu Semangat Jawab HAM, Diskriminasi Belum

Capres Joko Widodo yang diberi kesempatan menanggapi jawaban itu kembali menanyakan langkah konkret yang akan diambil oleh Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Debat 2 pasangan capres di Balai Sarbini berlangsung seru. Masing-masing kubu diberi kesempatan bertanya kepada lainnya terkait bermacam isu, tak terkecuali masalah HAM.

Usai Prabowo menjawab pertanyan dari cawapres Jusuf Kalla soal HAM, moderator yang dipimpin Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar itu memberi kesempatan kepada Jokowi-JK untuk memberi tanggapan.

Capres Joko Widodo yang diberi kesempatan menanggapi jawaban itu kembali menanyakan langkah konkret yang akan diambil oleh Prabowo terkait tentang masih adanya diskriminasi terhadap warga Indonesia.

'Belum (jelas), saking semangat jawab soal HAM. Langkah konkret ke depan apa? Soal diskrimasi belum dijawab. Karena terlalu semangat menjawab HAM. Masalah diskriminasi harus diberikan perhatian lagi," tanya Jokowi di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (9/6/2014).

Menjawab pertanyaan itu, Prabowo memaparkan langkah konkret itu terletak pada pendidikan.

"Masalah HAM ini pendidikan, di semua sektor aparat. Pendidkan semua pejabat, karena sering petugas diberi perintah kalau ada sesuatu yang dipakai tidak tepat secara politis tidak menguntungkan, akhirnya petugaslah yang disalahkan," jawabnya.

"Dan diskriminasi, semua harus sepakat. Semua melawan diskrimasi," tukas Prabowo.

Senada dengan Prabowo, cawapres Hatta Rajasa menyatakan tak boleh ada diskrimasi terhadap warga Indonesia. Menurutnya, semua sama di mata hukum.

"Memang paling mendasar terhadap HAM warga negara kita, jangan ada diskriminasi hukum. tumpul ke atas tajam ke bawah. Semua sama di mata hukum. Tak boleh ada diskrimasi di negara pancasila ini," jelas Hatta. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini