Sukses

JK Ziarahi Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh Sebelum Kampanye

"Yang pertama karena Pidie merupakan salah satu tempat perjuangan di Aceh, maka kita buat kampanye di Sigli," ujar JK.

Liputan6.com, Banda Aceh - Calon wakil presiden Jusuf Kalla (JK) berziarah ke kuburan massal korban tsunami Aceh. Makam berada di kawasan Siron, Aceh Besar. Setelah itu JK ke Sigli, Aceh Pidie untuk kampanye perdana.

Pada kesempatan itu, JK turut ditemani Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. JK memilih berkampanye di Aceh lantaran kedekatannya dengan beberapa tokoh di Tanah Rencong itu pasca-perdamaian antara GAM dan pemerintahan RI.

"Yang pertama karena Pidie merupakan salah satu tempat perjuangan di Aceh, maka kita buat kampanye di Sigli," ujar mantan Wakil Presiden itu di Banda Aceh, Kamis (5/6/2014)

Selama berada di Negeri Serambi Mekah itu, JK berencana akan bertemu dengan masyarakat, tokoh masyarakat, alim ulama untuk membicarakan pembangunan Aceh ke depan.

Alasan lain kenapa JK berkampanye pertama di Aceh, adalah sebagai bentuk kampanye secara nasional dan nusantara. Ujung barat dan ujung timur Tanah Air. Di mana capres Jokowi melakukan kampanye di Papua dan JK mengawali kampanye di Aceh. Pada hari yang sama.

Jokowi dalam kampanye di Papua dihadiahi buah khas Papua yakni matoa. Biji buah dikantonginya karena dititipkan untuk ditanam di Istana Merdeka. Ia juga mendapatkan topi khas Raja Papua yang terbuat dari bulu burung cenderawasih.

Asal muasal nama istri Jokowi pun terkuak di bumi Papua. "Kenapa namanya Iriana? Karena kakeknya dulu adalah guru di sini, Irian. Kemudian pulang saat istri saya lahir, lalu ngasih nama cucunya Iriana. Iriana saja namanya," jelas Jokowi sambil memeluk sang istri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini