Sukses

Prabowo-Hatta Nomor 1, Jokowi-JK Nomor 2

Hal tersebut ditentukan dalam rapat pleno terbuka pengundian nomor urut di KPU terhadap 2 pasangan capres cawapres peserta Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapat nomor urut 2. Hal tersebut ditentukan dalam rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut 2 pasangan capres cawapres peserta Pilpres 2014 di Gedung KPU, Minggu (1/6/2014).

Proses pengundian dilakukan dalam 2 tahap. Dalam pengundian tahap pertama, cawapres Jusuf Kalla dan Hatta Rajasa mengambil bola bersamaan. Hasilnya,  JK mendapatkan nomor 8, dan Hatta nomor 4. Artinya pasangan Jokowi-JK didaulat menjadi yang pertama mengambil nomor urut.

Dalam tahap kedua, Joko Widodo mengambil dulu 1 tabung batik di antara 2 tabung yang berada di dalam kotak kaca, sesuai aturan KPU. Disusul Prabowo Subianto yang telah berdiri di sampingnya.

Jokowi tampak berdoa dulu sebelum mengambil gulungan disusul Prabowo. Hasilnya, Jokowi mendapatkan nomor urut 2 dan Prabowo mendapatkan nomor urut 1.

Jokowi langsung mengacungkan 2 jari berbentuk V dan Prabowo mengacungkan jari telunjuknya. Yel-yel bagi kedua pasangan langsung berkumandang di dalam Gedung KPU.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan, nomor urut tersebut untuk sosialisasi Pilpres dan pembuatan surat suara dalam pencoblosan yang digelar pada 9 Juli 2014. Kedua pasangan capres dan cawapres yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-Hatta telah disahkan sebagai peserta Pilpres 2014 pada 31 Mei 2014. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.