Sukses

Galang Suara NU untuk Jokowi-JK, Cak Imin Lirik Ribuan Santri

Keberadaan posko relawan mampu menjadi efek bagi kader PKB, NU, dan masyarakat simpatisan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Yogyakarta - Manuver pengalangan suara untuk capres dan cawapres, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) semakin giat dilakukan. Posko relawan capres koalisi 'Indonesia Hebat' itu pun mulai dibangun.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar meresmikan posko Laskar Santri Nusantara yang dikelola warga NU dan kader PKB di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Keberadaan posko Laskar Santri Nusantara ini saya harap menjadi salah satu titik perjuangan NU dan PKB untuk memenangkan pasangan Jokowi-JK," ujar Muhaimin dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (31/5/2014).

Pria yang karib disapa Cak Imin itu pun meminta agar kalangan santri dan kaum Nahdliyin untuk berperan aktif menjadi motor politik kemenangan Jokowi-JK dalam Pilpres 9 Juli nanti.

"Untuk mewujudkan kemenangan itu, NU dan PKB harus all out berjuang menuju kemenangan yang ahlusunnah wal jamaah," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Sekretaris DPW PKB DI Yogyakarta, Umaruddin Masdar mengatakan, keberadaan posko relawan mampu menjadi efek bagi kader PKB, NU, dan masyarakat simpatisan Jokowi-JK.

"Sejak pemilihan legislatif lalu, unsur NU-PKB DIY tak pernah berkonflik, maka kami siap melanjutkan tekad kami memenangkan Jokowi-JK sebagai satu-satunya capres-cawapres pengusung aspirasi NU," ujar Umar.

Umar menjelaskan, pihaknya telah menyebar sekitar 1.000 undangan bagi 178 pondok pesantren di 5 wilayah DIY. Setidaknya di Bantul ada 54 ponpes dengan jumlah santri antara 60 sampai 1.500 santri tiap pondok. "Yang jelas, para santri ini menjadi modal besar dalam pemenangan pasangan Jokowi- JK," papar dia.

Sebagai simbolisasi, cak Imin menyematkan rompi Laskar Santri Nusantara kepada perwakilan santri di Kantor DPC PKB Kabupaten Bantul. Dalam kesempatan itu pula, mantan komandan Banser NU Subhan Nawawi membacakan sikap dukungan bahwa aspirasi politik kaum santri akan memilih Jokowi-JK.

Hadir dalam kesempatan itu, tokoh ulama setempat seperti Rois Syuriah PCNU Bantul KH Abdul Kholiq Syifa', Rois Syuriah PCNU Sleman KH Mas'ud Masduki, pengasuh PP Al-Anwar Ngrukem Bantul KH Chudlori Abdul Aziz beserta jajaran pengurus NU dan Banom-Banom NU. Hadir juga Sekretaris Fraksi PKB DPR RI M Hanif Dhakiri dan Wakil Sekjend PKB Fathan Subchi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.