Sukses

Kunjungi Lumpur Lapindo, Jokowi Dihadiahi Segenggam Lumpur

Kedua telapak tangan Jokowi yang penuh lumpur itu ditunjukkan kepada warga yang hadir di tanggul Lumpur Lapindo.

Liputan6.com, Sidoarjo Capres Joko Widodo sore ini menghadiri peringatan 8 tahun semburan Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia tiba di tanggul Lumpur Lapindo yang berada di tepi Jalan Raya Porong, Sidoarjo itu sekitar pukul 16.00 WIB.

Seperti pantauan Liputan6.com, Kamis (29/5/2014), pria yang akrab disapa Jokowi ini mengenakan kemeja kotak-kotak. Ia disambut ribuan warga Porong, yang tengah berkumpul di tanggul dan pinggir jalan.

Sebelum turun dari dalam mobil, Jokowi sudah membuka kaca dan melambaikan tangan kepada para warga Sidoarjo yang menunggunya sejak pagi. Saat turun dari mobil Kijang Innova putih bernomor polisi B 1567 PRA itu, ia langsung menjadi rebutan warga yang ingin bersalaman.
 
Bahkan, untuk sampai ke atas tanggul yang memiliki tinggi sekitar 15 meter itu, Jokowi harus kesulitan. Karena puluhan warga terus berdesakan untuk menyalami gubernur DKI Jakarta itu.

Di atas tanggul, sudah berdiri panggung seluas sekitar 1,5 meter dan tenda berwarna putih. Sebelum menyampaikan orasi politiknya, Jokowi turun ke lokasi semburan lumpur Lapindo yang mengering, untuk melihat pameran puluhan patung yang terbuat dari lumpur Lapindo.

"Mari pak lihat dulu hasil karya dari seniman Dadang Kristanto. Patung-patung yang mencerminkan masyarakat yang terkena dampak," kata seorang moderator melalui pengeras suara.

Mantan Walikota Solo ini juga menyaksikan 4 pemuda yang menyuguhkan aksi teaterikal, dengan tubuh penuh dilumuri lumpur. Salah satu di antara pemuda itu lalu memberikan segenggam lumpur kepada Jokowi.

Jokowi langsung menyambut dan menerima pemberian lumpur tersebut. Kedua telapak tangannya yang penuh lumpur itu ditunjukkan kepada warga yang hadir di lokasi akibat penambangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini