Sukses

Kebanggaan Guru SMA Hatta Rajasa Lihat Mantan Murid Jadi Cawapres

Seingatnya, cawapres pendamping capres Prabowo Subianto itu termasuk siswa yang lincah dan suka bergaul.

Liputan6.com, Palembang - Guru mana yang tak bangga jika siswa didiknya bisa menjadi kandidat calon wakil presiden. Apalagi jika bisa terpilih menjadi wapres. Rasa bangga itulah yang dirasakan Siti Yauma Bustomi, guru di SMAN 4 Palembang, Sumatera Selatan, tempat kandidat cawapres Hatta Rajasa pernah mengenyam pendidikan.

"Saya tidak menyangka Hatta jadi cawapres. Rasanya senang, bangga, kaget," ujar Siti Yauma kepada Liputan6.com di kediamannya, Jalan Mayor Salim Batubara, Sekip Pangkal, Palembang, Sumsel.

Siti bersama mendiang suaminya, Bustomi Manan, merupakan guru di sana. Dia mengajar mata pelajaran geografi. Sedangkan Bustomi mengajar bahasa Indonesia.

Nenek empat cucu ini pun terkenang masa-masa ketika Hatta bersekolah di SMAN 4 Palembang sekitar tahun 1970-an. Seingatnya, cawapres pendamping capres Prabowo Subianto itu termasuk siswa yang lincah dan suka bergaul.

"Saya ingat temannya banyak saat SMA, supel. Tidak tahu apa dia masih ingat saya. Dulu saya sedikit killer (galak), tapi itu agar murid saya disiplin," ujarnya.

Sewaktu SMA dulu, Hatta mengambil jurusan IPA. Namun itu tidak membuat Hatta menjadi 'kutu buku'. Pada dasarnya, pria yang kini berambut putih tersebut anak yang cerdas dan mudah mengikuti pelajaran.

"Walau Hatta tidak terlalu rajin, banyak teman Hatta yang lebih rajin, tapi nggak jadi cawapres kan," tutur Siti.

"Saya terus ikuti berita-berita tentang dia. Mulai dia jadi Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Perhubungan, hingga menjadi Menteri Koordinator Perekonomian. Rasanya ingin bertemu, tapi tidak mungkinlah, saya cukup mendoakan saja," ungkapnya.

Ia berharap Hatta bisa membawa kesejahteraan masyarakat Indonesia saat terpilih menjadi wakil presiden nanti. Dan juga tak pernah melupakan kampung halamannya di Sumatera Selatan.

"Hatta sudah memberikan sumbangsih tenaga dan pikirannya selama menjabat menteri. Insya Allah ia menjadi wakil presiden, saya berharap ia bisa membawa kesejahteraan Indonesia lebih baik lagi. Juga tidak melupakan kampung halaman di Sumsel," lanjutnya.

Walaupun saat ini, Siti Yauma lebih banyak tinggal bersama anaknya di Kota Bandung, Jawa Barat, dia tetap bangga Hatta Rajasa menjadi putra daerah Sumsel yang berprestasi.

"Saya akan nyoblos (Pilpres) di Bandung, yang pasti sebagai orangtua akan terus mendoakan murid-murid saya."

Insinyur Terjun ke Politik

Hatta harus melalui proses yang panjang sebelum bisa menjadi cawapres pasangan dari kandidat capres Prabowo Subianto dan mendapatkan dukungan dari 6 parpol. Hatta yang asli Sumsel, mulai dikenal sekitar 1999-2000 saat menjadi Ketua Fraksi Reformasi DPR. Lalu pada 2000-2005 dia terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (DPP-PAN).

Pada 2001-2004, dia pun menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Gotong Royong. Kemudian pada 2004-2007, dia dipercaya untuk menjadi Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Bersatu I. Dan pada 2007-2009 menjadi Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu I.

Lalu pada 2009-2014 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II. Dan pada 2010 hingga sekarang dia menjabat Ketua Umum DPP PAN.

Hatta yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 18 Desember 1953 mengenyam pendidikan di SMA Negeri 4 Palembang, dan mendapat gelar insinyur dari Jurusan Teknik Perminyakan angkatan 1973 di Institut Teknologi Bandung (ITB).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini