Sukses

Hatta Rajasa Berharap Demokrat Merapat ke Poros Gerindra

SBY menegaskan bila para kader Partai Demokrat tidak akan golput pada Pilpres 9 Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 318 petinggi Partai Demokrat yang terdiri dari majelis tinggi partai, dewan pembina, dewan kehormatan, ketua DPP dan ketua DPD di seluruh Indonesia telah menentukan sikap terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (19/5/2014), dalam keputusannya melalui rapimnas, Partai Demokrat menyatakan netral dan tidak berpihak kepada kedua poros. Baik poros Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto.

Besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Hatta Rajasa yang maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto sangat menghormati keputusan dan sikap Partai Demokrat. Meski demikian, ia menyimpan harapan dari para kader Demokrat untuk bergabung dan mendukung poros Gerindra, PAN, PPP, PKS dan Golkar.

Apalagi SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menegaskan bila para kader partai berlambang bintang mercy itu tidak akan golput.

Wakil Ketua Umum Max Sopacua juga mengatakan keputusan yang diambil Demokrat belum final. Menurutnya apa pun sebelum 20 Mei --batas akhir pendaftaran capres-cawapres-- nanti, semua butir-butir kesimpulan rapimnas yang telah dibacakan SBY dapat berubah.

Sebelumnya, 9 poin rumusan lahir melalui Rapimnas Partai Demokrat yang digelar Minggu 18 Mei kemarin. Salah satunya penegasan bahwa Partai Demokrat akan melakukan pembenahan internal untuk masa 5 tahun mendatang.

Partai Demokrat juga akan terus berjuang demi kepentingan rakyat. Meski besar kemungkinan pihaknya tidak berada dalam pemerintahan. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.