Sukses

SBY: Partai Demokrat Netral, Siap Jadi Oposisi

Hal itu disampaikan setelah PD menyebar jajak pendapat dan angket kepada seluruh peserta Rapimnas.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya menyampaikan hasil dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Hal itu disampaikan setelah PD menyebar jajak pendapat dan angket kepada seluruh peserta Rapimnas.

SBY menjelaskan, kendati belum diputuskan secara resmi oleh Ketua Umum dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, tetapi dari hasil kesepakatan Rapimnas itu memutuskan agar tidak berada pada 2 poros manapun. Baik Joko Widodo ataupun Prabowo Subianto.

"Berkenaan dengan sikap pilihan PD pada Pilpres 2014 ini, meskipun keputusan akhir diputuskan Ketum MT, preferensi PD Rapimnas 2014 tidak berpihak. Dalam arti tidak bergabung dalam kubu manapun. Kubu Jokowi maupun kubu Prabowo," ujar SBY di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (18/5/2014).

Meski begitu, kata SBY, pilihan ini tidak berarti membuat para kader dan simpatisan partai untuk bersikap Golput. "Demokrat akan memberikan suaranya kepada capres yang memiliki platform yang segaris dengan Demokrat," imbuh nya.

Disamping preferensi itu, jajak pendapat kepada peserta Rapimnas ini juga memilih tidak bergabung dengan opsi manapun. "Tidak akan memilih sejumlah opsi yang lebih rendah," ucap SBY.

Kemudian, SBY juga akan menempatkan partainya pada oposisi di dalam parlemen DPR RI. Namun, SBY berjanji Demokrat akan menjadi penyeimbang dan pengontrol kebijakan pemerintah.

"Di parlemen, PD siap menjadi oposisi. Penyeimbang, kritis dan cerdas guna memastikan kebijakan pemerintah rasional dan berkepentingan rakyat," tandas SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.