Sukses

Dahlan Iskan Tak Hadir Saat Pembacaan Hasil Konvensi

Menurut Wasekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan, bebas saja bila peserta konvensi tak hadir dalam acara ini.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat membacakan hasil pemenang konvensi capresnya. Dalam acara tersebut, tak semua peserta konvensi hadir. Misalnya saja Dahlan Iskan yang jadi pemenang. Apakah ketidakhadiran Dahlan itu lantaran kecewa tak jadi diusung sebagai capres?

"Masing-masing ada agenda dan kegiatan. Tapi yang pasti semua peserta konvensi mendapatkan hasil transparan yang dibacakan komite konvensi. Semua sudah disampaikan," ujar Wasekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Pria yang akrab disapa Rampo itu menilai bebas saja bila peserta konvensi tak hadir dalam acara ini. "Acara jumpa pers ini optional, kalau ada tugas negara tak mungkin ditinggal dan tak mungkin dipaksakan. Mungkin lagi bahas hal penting. Semua katakan ini cara yang baik," terangnya.

Acara ini hanya dihadiri beberapa peserta konvensi antara lain Dino Patti Djalal, Gita Wirjawan, Hayono Isman, dan Anies Baswedan.

Ketua Komite Konvensi Partai Demokrat Maftuh Basyuni menerangkan pemenang konvensi adalah Dahlan Iskan. Tapi dibandingkan capres dari partai lain, Dahlan masih berbeda jauh elektabilittasnya.

"Kesimpulan berdasarkan hasil survei Dahlan adalah pemenang konvensi. Pemenang konvensi masih jauh elektabilittas dari kalangan eksternal seperti Jokowi, Prabowo, atau Ical," jelas Maftuh.

Coklat Diambil Orang

Berdasarkan hasil 3 survei, nama Dahlan Iskan menduduki peringkat pertama mengalahkan 10 peserta konvensi lainnya. Meski begitu, rencana Dahlan maju sebagai capres dari Demokrat bakal kandas lantaran Demokrat dikabarkan akan meminang Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai capres pada Pilpres 2014. Lantas apa kata Dahlan terkait pilihan Demokrat itu?

"Ibaratnya, dapat coklat yang enak tapi coklat sudah diambil orang. Atau, seperti dapat coklat, saya nggak dapat makan " kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Meski mengaku senang menjuarai konvensi, Dahlan menyatakan tetap bersikap realistis. Ia menegaskan akan kian sulit atau mustahil jadi capres atau cawapres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini