Sukses

Belasan Caleg Artis Melenggang ke Senayan

Meskipun belasan artis berhasil melenggang ke Parlemen, tidak semua caleg dari dunia hiburan bernasib mujur.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan 560 calon anggota legislatif atau caleg terpilih untuk periode 2014-2019. Dari ratusan caleg yang terpilih terdapat belasan artis berhasil melenggang ke Senayan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU, Rabu (14/5/2014), terdapat nama caleg incumbent dari PPP Okky Asokawati yang terpilih dari Dapil DKI Jakarta II dengan perolehan 37.727 suara. Caleg incumbent lainnya yaitu caleg Golkar Tantowi Yahya dari Dapil DKI Jakarta III dengan perolehan 45.507 suara.

Caleg Partai Gerindra Rachel Maryam Sayidina Dapil Jawa Barat II dengan perolehan 58.758 suara, caleg PDIP Rieke Diah Pitaloka Dapil Jawa Barat VII yang meraup 255.044 suara.

Selain itu, terdapat caleg Demokrat Dapil Jawa Timur VI Venna Melinda yang kembali melenggang ke Senayan dengan perolehan 49.383 suara. Caleg lainnya seperti caleg PAN Primus Yustisio Dapil Jawa Barat VII dengan perolehan 45.485 suara kembali masuk sebagai anggota Dewan, dan pelawak Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio) dari PAN Dapil Jawa Timur VIII kembali masuk ke Parlemen dengan perolehan 69.301 suara.

Tak hanya caleg artis incumbent yang berhasil melenggang, terdapat artis pendatang baru di dunia DPR RI, seperti caleg PAN Dapil Jabar VI Lucky Hakim yang memperoleh suara 57.891, caleg PAN Dapil Jatim IV Anang Hermansyah dengan perolehan 53.559 suara, caleg PAN Desy Ratnasari dari Jabar IV yang memperoleh 56.397 suara.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur Jabar yang juga artis ternama Dede Yusuf Macan Effendi berhasil melenggang ke Senayan dari Partai Demokrat Dapil Jabar II dengan perolehan 142.939 suara, dan caleg PKB Dapil Jabar VII Krisna Mukti yang berhasil memperoleh 31.987 suara.

Meskipun terdapat belasan artis yang berhasil melenggang ke Parlemen, tidak semua pesohor bernasib mujur. Terdapat beberapa artis yang gagal duduk di Senayan, seperti caleg PPP Angel Lelga dan Ahmad Zulfikar Fawzi (Ikang Fawzi) yang gagal meraih kursi. Sebab, perolehan suaranya tidak mencukupi untuk membuatnya meraih kursi parlemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini