Sukses

10 Menteri SBY Jadi Caleg, 7 Nama Lolos ke Senayan

Mereka terbagi di 7 wilayah dan daerah pemilihan (Dapil) berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Dari 10 menteri Presiden SBY di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang  mencalonkan diri sebagai anggota DPR 2014-2019, hanya 7 nama yang lolos. Mereka terbagi di 7 wilayah dan daerah pemilihan (Dapil) berbeda.

"Untuk daerah pemilihan Sumatera Utara 1, PKS Tifatul Sembiring sebanyak 74,510," kata ketua KPU Husni Kamil Manik saat membacakan nama-nama yang lolos ke Senayan, dalam rapat pleno terbuka di ruang sidang utama KPU, Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Tifatul merupakan Menteri Komunikasi dan Informasi. 3 Menteri lainnya yang juga lolos ke Senayan yaitu, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dari PAN, dengan perolehan suara 174.144.

Kemudian Menteri UKM Syarief Hasan juga lolos ke Senayan dari dapil Jawa Barat III, dengan perolehan suara 31.486.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) yang juga merupakan Ketua Umum PKB yaitu Muhaimin Iskandar juga lolos. Dia terpilih dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII dengan perolehan suara 116,694.

Selain Muhaimin, Menteri Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang juga dewan pembina Partai Demokrat juga lolos dengan suara 104.682 dari dapil Bali.

Selanjutnya, Menteri Perumahan Desa Tertinggal Helmi Faisal dari PKB juga lolos dari dapil NTT dengan suara 69.542. Terakhir, Menteri Perhubungan EE Mangindaan juga lolos dari Dapil Sulawesi Utara dengan suara 81,152.

Tiga menteri SBY yang mencalonkan diri jadi wakil rakyat di Senayan yang gagal yaitu, Menteri Pemuda dan Olah raga Roy Suryo dari Demokrat, Menteri Pertanian Suswono dari PKS, dan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin dari Demokrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini