Sukses

Prabowo-Mahfud MD Diprediksi Gembosi Jokowi-JK

Hikam menilai pertarungan Pilpres akan sengit, Jika ternyata Jokowi lebih memilih mantan Wakil Presiden, JK ketimbang Mahfud MD.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa nama digadang-gadang mendampingi calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo. Seperti Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Mahfud MD hingga Abraham Samad. Kemunculan nama-nama itu pun dinilai mantan Menteri era Presiden Gus Dur, AS Hikam akan membuat pertarungan Pilpres 2014 menjadi sengit.

Hikam menilai, ada salah satu nama yang berpeluang kuat mendampingi Prabowo setelah Partai Persatuan Pembanguna (PPP) resmi merapat ke Partai Gerindra. Menurutnya, orang itu adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

"Apalagi, sesepuh PPP seperti Kiai Maimun Zubair sudah lama mendukung Mahfud sebagai Capres maupun Cawapres," ujar Hikam di Jakarta, Senin (12/5/2014).

"Sangat berpeluang, apalagi Mahfud memang kuat didukung para kiai kultural (NU)," ungkapnya.

Hikam juga menilai, pertarungan pada Pilpres yang berlangsung Juli mendatang akan berjalan sengit bila ternyata Jokowi lebih memilih Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) ketimbang Mahfud. Sebab, Mahfud lebih memiliki dukungan warga Nahdliyin, mulai dari kiai hingga akar rumput.

"Kalau memang nanti Prabowo menggandeng Mahfud MD, pertarungannya akan sangat sengit, mengingat dukungan kiai dan warga NU cukup besar. Apalagi, jika ternyata Jokowi lebih memilih Prabowo, itu akan menjadi kesalahan dia pertama kali sebelum berperang (Pilpres)," ujar Hikam mengingatkan.

Selain itu, peluang Mahfud mendampingi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra juga bergantung pada sikap politik para parpol lainnya seperti PKS dan PAN. Yang juga akan berkoalisi mengusung Prabowo.

"Jadi tinggal partai lainnya itu, sepanjang mereka bersedia mengesampingkan ego masing-masing dengan tidak menyodorkan tokoh di partainya sendiri dan memasangakan Mahfud MD dengan Prabowo," terangnya.

"Kalau mereka mempertimbangan elektabilitas, ya Mahfud MD masih diatas dari para tokoh parpol yang sudah menyatakan berkoalisi dengan Gerindra. Jadi, saya kira Mahfud MD sosok yang tepat untuk mendongkrak suara dan selanjutnya membantu pemerintahan bersama Prabowo," tukas Hikam. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.