Sukses

Jokowi Blusukan dan Beri Kuliah Umum di Manado

Jokowi berjanji jika kelak menjadi presiden akan membangun ekonomi rakyat Sulawesi Utara dari sektor pariwisata maupun pertanian.

Liputan6.com, Tomohon - Setelah pekan lalu keliling ke berbagai daerah di Pulau Jawa, kali ini calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo, berkunjung ke wilayah timur Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (10/5/2014), pagi tadi Jokowi Blusukan ke pasar tradisional Segar Beriman di Tomohon, Sulawesi Utara. Warga pun berebut ingin bersalaman dan foto bersama Jokowi.

Jokowi berjanji jika kelak menjadi presiden akan membangun ekonomi rakyat Sulawesi Utara, dari sektor pariwisata maupun pertanian.

Usai blusukan, Jokowi memenuhi undangan Universitas Negeri Manado di Kota Manado, menjadi pembicara dalam kuliah umum bertema Pilar-Pilar Kebangsaan. Dari Manado, Jokowi langsung bertolak ke kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejauh ini sudah ada 2 partai yang mendukung pencapresan Jokowi yaitu PKB dan Partai Nasdem. Dukungan ini menambah jumlah suara PDIP menjadi 34,71 persen suara.

Disebut-sebut kedatangan Jokowi ke Makassar kemungkinan sebagai sinyal bahwa calon wakil presidennya berasal dari Sulawesi Selatan, yakni Jusuf Kalla atau Abraham Samad.

Sedangkan capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto, kemungkinan besar akan didukung PAN dan PKS. Gabungan koalisi ini menambah suara Gerindra menjadi 26,19 persen suara.

Prabowo dipastikan akan menggandeng Ketua Umum PAN Hatta Radjasa sebagai cawapres. Sedangkan 6 parpol lainnya yaitu Golkar, Demokrat, PPP, Hanura, PBB dan PKPI sejauh ini belum menentukan sikapnya.

Sementara itu di Jakarta, forum mahasiswa dan alumni Universitas Trisakti, menyatakan dukungannya atas pencapresan Prabowo Subianto. Meski demikian dalam deklarasi ini mereka tetap menuntut kasus penembakan di Trisakti diusut tuntas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini