Sukses

Jokowi: Kok Bisa Suara PDIP Turun, Demokrat Naik dari Quick Count

Bagi Jokowi, masyarakat masih memberikan penghargaan yang tinggi kepada PDIP meskipun selama 10 tahun berada di luar pemerintahan.

Liputan6.com, Manado - Hasil rekapitulasi suara yang disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menempatkan PDI Perjuangan pada posisi teratas dengan perolehan suara 18,95%. Turun dari hasil quick count sebelumnya 19,77%. Sementara Partai Demokrat mengalami peningkatan dari hasil quick count 9,66% menjadi 10,19%.

Menanggapi itu, bakal capres PDIP Joko Widodo atau Jokowi mengaku cukup heran dengan adanya ada perubahan hasil penghitungan suara tersebut. Maka, apapun dinamikanya seharusnya dapat ditinjau lebih jauh.

"Dinamika di lapangan itu yang harus dilihat. Demokrat naik 3 persen itu yang saya bilang tidak tahu itu, gimana bisa seperti itu," ucap Jokowi saat safari politik di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (10/5/2014).

Meski demikian Jokowi menilai adanya perbedaan tersebut karena dinamika yang terjadi di lapangan. "Kalau angka-angka itu masih ada naik dikit turun dikit, mungkin di lapangan ada dinamika," ujarnya.

Terkait adakah langkah klarifikasi atas dinamika tersebut, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada internal partai. Hal terpenting, masyarakat masih memberikan penghargaan yang tinggi kepada PDIP meskipun selama 10 tahun berada di luar pemerintahan.

"Itu diberi penghargaan oleh masyarakat sehingga kita tetap pada posisi nomor 1. Saya kira juga hasil perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 yang hampir merata ini menunjukkan sebuah pluralitas partai politik," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini