Sukses

Jubir Golkar: Boleh Ikut Gerbong Orang, Asal Bisa Menang

Tantowi Yahya menegaskan partainya ingin masuk pada kelompok yang memiliki kemungkinan menang pada pemilihan presiden mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar telah menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra untuk menjajaki kemungkinan berkoalisi. Terkait hal itu, Juru Bicara Partai Golkar, Tantowi Yahya, menegaskan partainya ingin masuk pada kelompok yang memiliki kemungkinan menang pada pemilihan presiden mendatang.

"Ada 2 event besar, pileg dan pilpres. Kita sekarang bicara Pilpres 2014 dan ada beda indikator itu. Ada calon-calon yang dari survei ke survei itu jelas teratas. Peta pilpres beda dengann pileg. Kita mau realistis saja. Apakah masuk gerbong orang tapi ada kemungkinan menang," jelas Tantowi di Universitas Bakrie, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Tantowi juga mengakui memang ada persoalan antara Gerindra dan Golkar untuk berkoalisi. Masalah itu, jauh sebelumnya kedua parpol telah memiliki calon presiden yang akan diusung partai masing-masing.

"Ketika membangun koalisi kan kita masuk race dan kita kan maunya menang. Kita bisa menang kalau memposisikan sebagai cawapres. Itu baru usulan. Jadi tidaknya itu tunggu rapimnas," jelasnya.

Wakil Sekjen Partai Golkar ini juga menerangkan partainya masih terbuka dengan partai mana pun kecuali PDIP. "Karena mereka sudah jelas capresnya dan makin lama makin kelihatan cawapresnya," imbuh Tantowi.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menerangkan arah koalisi Golkar memang masih belum kelihatan jelas. Terdapat kebingungan dalam menentukan arah partai berlambang pohon beringin itu.

"Golkar mau ke mana, masih bingung. Sampai saat ini belum ada partner definitif. Lalu mau ada evaluasi pencapresan Ical. Kalau evaluasi apakah akan ajukan cawapres, apakah cawapresnya nanti Ical," pungkas Djayadi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.