Sukses

Ke Pesantren Tebuireng, Jokowi Ziarah ke Makam Gus Dur

Kedatangan Jokowi ke sana untuk menemui pimpinan Ponpes Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Liputan6.com, Jombang - Usai menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatunnasyiin, Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur, calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi Ponpes Tebuireng.

Kedatangan Jokowi ke sana untuk menemui pimpinan Ponpes Tebuireng K.H. Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. Mantan Walikota Solo ini juga berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy`ari dan Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Pantauan Liputan6.com, setibanya di pondok pesantren tersebut, Jokowi yang datang dengan didampingi oleh salah satu tokoh NU yang juga Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie dan Ketua DPP PKB Marwan Djaffar. Serta, beberapa politisi PDI Perjuangan seperti Ahmad Basarah dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur.

Mereka langsung dijamu Gus Sholah. Adik mendiang Gus Dur itu pun langsung mengajak Jokowi untuk masuk ke ruangan untuk menggelar pertemuan tertutup.

Setelah berbincang hampir 30 menit, Jokowi kemudian langsung menuju ke kompleks pemakaman keluarga pendiri NU K.H. Hasyim Asy`ari. Di kompleks pemakaman itu juga terdapat makam Pahlawan Nasional Wahid Hasyim dan putranya, Abdurrahman Wahid.

Sebelum berziarah, Jokowi lebih dulu membacakan doa-doa yang dikhususkan bagi pendiri NU dan para kiai yang telah wafat tersebut. Setelah berdoa Jokowi bersama Gus Sholah menabur bunga di makam K.H. Hasyim Asy`ari, Wahid Hasyim, dan Abdurrahman Wahid.

Dari pesantren Tebuireng, Jokowi menuju ke salah satu pesantren NU, yaitu Pesantren Putri Al-Lathifiyah, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini