Sukses

Sowan ke Kediaman Khofifah, Jokowi Disuguhi Rujak Cingur

Dalam sambutan di hadapan ratusan kaum ibu jamaah Muslimat NU, Jokowi sempat membuat guyonan soal cerita pengalaman pribadinya.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah mengunjungi sejumlah lokasi di Yogyakarta, capres PDIP Jokowi langsung bertolak ke Jawa Timur, untuk mengunjungi sejumlah pesantren dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Tempat pertama yang dikunjungi adalah kediaman Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa di Jemur Sari Baru, Surabaya, Jawa Timur. ‎

Tiba di kediaman Khofifah, seperti pantauan Liputan6.com, Sabtu (3/5/2014), ‎Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam itu disambut antusias kaum ibu dengan lantunan salawat badar. Gubernur DKI Jakarta itu juga menyalami satu per satu kaum ibu jamaah Muslimat NU Surabaya itu.

Khofifah yang telah menunggu Jokowi di pintu masuk kediamannya pun langsung menyalami Jokowi. Turut menemani Jokowi yakni Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie, Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, politisi PDIP Bambang DH, dan Ketua DPP PKB Marwan Djaffar.

"Ayo silakan masuk Pak Jokowi, bapak-bapak silakan masuk," ucap Khofifah menyambut Jokowi dan rombongannya.

Tak lama kemudian, pria bernama lengkap Joko Widodo itu menyampaikan sambutan di hadapan kaum ibu Muslimat NU itu. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Jokowi mengisi sambutan dengan pengalamannya.

"Banyak yang sampaikan, Jokowi wajahnya ndeso. Saya juga nggak ngerti kenapa wajah gini dibilang ndeso? Perasaan saya, saya mirip Dude Herlino. Tapi ndak apa-apa, ‎mau wajah ndeso, wajah kampung, saya anggap ini anugerah yang diberi Allah seperti ini. Saya syukuri apapun yang diberikan Allah," ucap Jokowi disambut gelak tawa hadirin.
‎
Usai berpidato, Jokowi disuguhi sajian rujak cingur, makanan khas Surabaya. "Ayo Pak, ndak afdol kalau ke Surabaya ndak makan rujak cingur," bujuk Khofifah. Jokowi pun menyantapnya.

‎Selama di Jawa Timur, Jokowi diagendakan bertemu Khofifah di Surabaya. Keduanya akan membahas sejumlah isu, termasuk mengenai isu arah peta koalisi sejumlah partai Islam.

Setelah bertemu dengan Khofifah, perjalanan akan dilanjutkan ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Beberapa pesantren yang akan dikunjungi yaitu Pesantren Tebu Ireng di kota Jombang. Di Kota Santri itu, Jokowi akan bertemu dengan pimpinan Pesantren yaitu KH Salahuddin Wahid.

Selain itu, Jokowi juga akan bertolak ke Pesantren Pacul Gowang. Di sana Jokowi akan menemui Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Azis Mansyur, yang disebut-sebut sebagai guru dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Dari Kota Jombang, Jokowi rencananya juga akan berkunjung ke Tambak Beras, mengunjungi Pesantren Putri al-Lathifiyah I Tambak Beras Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, dan KH Hasib Wahab Hasbullah.‎ (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini