Sukses

Ryamizard Ryacudu: Saya Siap Jadi Cawapres

Kendati siap digandeng oleh capres dari salah satu parpol, dirinya enggan memberi bocoran siapa capres yang sudah memberi sinyal kepadanya.

Liputan6.com, Palembang - Obsesi digandeng menjadi calon wakil presiden (cawapres) ternyata tidak hanya menggelayuti para tokoh politik saja, tapi para tokoh militer pun sepertinya enggan melewatkan kesempatan ini.

Salah satunya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jend TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, yang pernah menjabat pada era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Usai menjadi pembicara pada Seminar Nasional Stabilitas Politik dan Keamanan Indonesia Lima Tahun Kedepan di Hotel Arista Palembang, Sumatera Selatan, Ryamizard mengungkapkan ketertarikannya berkecimpung pada persaingan pilpres pada 9 Juli mendatang.

"Sebagai warga negara, kalau ada yang meminta saya menjadi Wapres saya siap saja. Tapi kalau saya yang mencalonkan sendiri saya tidak mau," ucap Ryamizard kepada Liputan6.com, Kamis (1/5/2014).

Kendati siap digandeng oleh capres dari salah satu parpol, dirinya enggan memberi bocoran siapa capres yang sudah memberi sinyal kepadanya.

Saat ditanya perihal isu koalisi dengan Jokowi yang merupakan capres dari PDIP, Ryamizard kembali bungkam dan tidak memberi jawaban yang pasti. "Ya, soal itu nanti saja," ucapnya.

Ryamizard menilai, untuk menjadi seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan dan mampu mengambil keputusan dengan cepat, benar, memiliki karakter pemberani dan berani melakukan perubahan.

"Intelektual harus 5 persen, mampu mengambil keputusan cepat dan benar 10 persen, lainnya 10 persen. Lalu sisanya yakni 25 persen harus memiliki karakter," jelasnya.

Syarat pemimpin lainnya, imbuh dia, harus memiliki akhlak. Bila banyak orang yang berakhlak kurang bagus, tugasnya pemimpin memperbaiki akhlak orang-orang yang ia pimpin. "Karena itu, akhlak pemimpinnya harus bagus," tukas Ryamizard.

Sementara itu, Ketua DPD PDI-Perjuangan Sumsel, Eddy Santana Putra sangat mendukung Ryamizard untuk menjadi Wapres RI.

"Kalau dari Sumsel, kita dukung Pak Ryamizard. Karena, kapan lagi kita bisa mendukung putra daerah," urainya.

Mantan Walikota Palembang ini menilai sosok Ryamizard merupakan calon yang sesuai untuk mendampingi Presiden memimpin negara ini dan jiwa kepemimpinan juga ada pada diri Ryamizard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini