Sukses

Putra Eks Panglima TNI dan Amien Rais Wakili DIY di Senayan

Putra mantan Panglima TNI Djoko Susanto dan Amien Rais melenggang ke senayan

Liputan6.com, Yogyakarta - Dua caleg termuda di Yogyakarta akan menduduki kursi Senayan. Usianya berada pada kisaran 30-an tahun. Dua caleg DPR yang berasal dari dapil DIY ini adalah Andika Pandu Puragabaya dari Partai Gerindra dan Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional.

Andika Pandu biasa dipanggil Pandu ini Anak Panglima TNI 2007-2010 Jenderal Djoko Santoso. Pandu lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 17-3-1983. Sementara Hanafi Rais adalah anak tertua dari mantan Ketua MPR Amien Rais. Hanafi lahir lahir di Chicago, 10 September 1979 umur 34 tahun.

Pandu yang berhasil meraup suara 72.290 ini berhasil menggeser peluang Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi yang hanya memperoleh 42.769 suara. Bahkan suara Pandu yang juga alumnus S2 Ketahanan Nasional Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini melaju jauh dari caleg kraton KPH Wironegoro yang mendapat suara sekitar 38 ribu.

Tim sukses Pandu, Joko Kanigoro mengatakan, kesuksesan Pandu dalam meraup suara di Yogyakarta karena memperhatikan pemilih muda di daerah tersebut. Hal ini yang disebutnya jarang dilirik caleg lainnya. Bahkan, Pandu dengan giat mendekati pemilih muda di berbagai tempat tongkrongan anak muda di Yogyakarta.

"Pemilih muda kita di DIY itu 43%. Maka kita ambil potensi ini yang jarang diambil caleg lain. Dan kita selalu rajin datangi tongkrongan anak muda. Dengan cara anak muda maka pesan yang disampaikan lebih kena. Dan kita selalu ingin agar pemilih muda dan pemula ini mau berpartisipasi dalam pemilu," kata Joko kepada Liputan6.com Jumat (25/4/2014).

Langkah mengesankan juga terjadi pada Ahmad Hanafi Rais yang pernah gagal maju dalam pertarungan menjadi Walikota Kota Yogyakarta. Caleg dari PAN ini melaju dengan pasti setelah perolehan suaranya tertinggi di DIY yang mencapai 197 ribu.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Humas KPU DIY Bambang Farid mengatakan, jumlah perolehan suara Hanafi Rais adalah perolehan tertinggi caleg DPR RI di DIY.

"Paling tinggi Hanafi Rais 197 ribu. Itu jauh lebih besar dari Idham, pak Idham itu hanya 120 ribu di urutan kedua. Kalau dirangking siapa paling banyak ya pertama Hanafi (PAN), Idham (PDIP), Esti (PDIP) lalu Pulung Agustanto(PDIP)," kata Farid.

Saat kampanye beberapa waktu lalu, Hanafi Rais menyatakan, jika terpilih dan melaju ke Senayan siap di tempatkan di komisi manapun. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini