Sukses

Dubes AS: Indonesia Negara Demokrasi yang Matang

Negeri Paman Sam akan terbuka dengan siapapun yang menjadi pemenang pemilu.

Liputan6.com, Jakarta- Pemilu Legislatif (Pileg) baru saja digelar di Indonesia. Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Robert O Blake Jr menilai pemilu yang dilaksanakan di Indonesia berjalan dengan lancar. Indonesia, menurut dia, adalah negara demokrasi yang matang.

"Melalui putaran pertama atau pemilu legislatif, kita lihat Indonesia sudah menjadi negara demokrasi yang matang. Meski memang ada beberapa insiden kecil, tapi itu tidak terlalu berarti," ujar Blake dalam jumpa pers pada acara ‘Wildlife Protection Series – Manta Rays’ di @america, Pacific Place, Jakarta Pusat, Kamis 24 April 2014 malam.

Dia menjelaskan, AS, sama dengan rakyat Indonesia, lainnya tengah menanti bagaimana hasil pemilu di Tanah Air. Negeri Paman Sam akan terbuka dengan siapapun yang menjadi pemenang pemilu atau memimpin pemerintahan Indonesia selanjutnya.

"Siapapun yang terpilih, kita akan terbuka dan bekerja sama dengan orang (presiden terpilih) tersebut," ujar Blake.

Dubes AS ini sebelumnya menegaskan bahwa negaranya tak punya agenda khusus terkait pelaksanaan pemilu di Indonesia. AS yakin pemilu di Indonesia akan berjalan dengan lancar.

"Kami tidak memiliki agenda apapun. kami percaya akan proses demokrasi di Indonesia dan sangat mengagumi kemajuan demokrasi di negara ini untuk menjalin hubungan baik antara warga dan pemerintah sejak tragedi 1998," urainya dalam wawancara khusus dengan Liputan 6 SCTV  10 Februari 2014.

"Kami mempersiapkan beberapa hal taktis. Namun kami percaya pemerintah dan komisi pemilu akan berhasil melaksanakan pemilu ini," tandas Blake.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini