Sukses

Pilpres 2014 RI, AS Dukung Capres Mana?

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia segera menggelar pemilihan presiden (Pilpres 2014) pada 9 Juli 2014. Pemilu terbesar ke-3 dunia ini tak luput dari perhatian negara lain, termasuk Amerika Serikat (AS). Apa ada capres tertentu yang didukung Negeri Paman Sam?

"Seperti yang sering saya katakan, kami tidak mendukung capres tertentu," tegas Duta Besar AS untuk RI, Robert O Blake Jr dalam jumpa pers pada acara ‘Wildlife Protection Series – Manta Rays’ di @america, Pacific Place, Jakarta, Kamis 24 April 2014 malam.

Dia menjelaskan, AS mendukung proses pemilu yang jujur, adil, dan demokratis. Jadi ia menekankan tidak ada pihak tertentu yang didukung negaranya.

"Siapapun yang terpilih, kita akan terbuka dan bekerja sama dengan orang (presiden terpilih) tersebut," ujar Blake.

Dubes yang mulai bertugas di Indonesia awal tahun ini sebelumnya menilai Indonesia memiliki sejumlah kandidat yang berkualitas. Karenanya, ia sangat menantikan pesta demokrasi berlangsung di Indonesia.

"Saya rasa kalian memiliki sejumlah sosok kandidat yang mengesankan. Saya sangat menantikan dapat merasakan secara langsung di sini proses kampanye pemilu secara penuh," ujar Blake dalam wawancara khusus dengan Liputan 6 SCTV  10 Februari 2014.

Sejauh ini, ada kandidat presiden paling potensial, dari perolehan suara Pileg yang merujuk pada hasil quick count atau hitung cepat. Yakni Joko Widodo (Jokowi) dari PDIP, Aburizal Bakrie (Ical) dari Golkar, dan Prabowo Subianto dari Gerindra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini