Sukses

Pengamat: Berpasangan dengan Jokowi, JK Tak Seperti dengan SBY

Liputan6.com, Jakarta - Nama mantan wakil presiden Jusuf Kalla semakin santer menjadi calon kuat pendamping Joko Widodo maju dalam pilpres 2014. Tapi banyak pihak yang beranggapan, Jokowi tidak akan sanggup menghadapi sikap JK.

Menurut pengamat politik Andrinof Chaniago, kekhawatiran itu tidak akan terjadi jika JK benar berpasangan dengan Jokowi. Sebab, karakter Jokowi berbeda dengan SBY.

"Mungkin karena Pak SBY-nya saja terlalu lembek kayaknya," kata Andrinof di Mega Institute, Jakarta Pusat, Kamis 24 April 2014).

Andrinof mengatakan, JK memang memiliki sifat blak-blakan, aktif, dan tidak bisa diam. Di sisi lain, JK merupakan orang yang rasional. Konflik di antara SBY dan JK lebih pada kurangnya komunikasi antar keduanya.

"JK itu orangnya rasional. Orang rasional itu, kalau dihadapi dengan argumen dan alasan, biasanya mengerti," lanjutnya.

Menurutnya, komunikasi semacam itu tidak terjadi pada SBY dan JK saat memerintah pada 2004-2009 lalu. SBY jarang mengajak JK berdiskusi sehingga perpecahan itu terjadi. "Tapi kalau dihadapi dengan diam-diam, lalu diambil keputusan diam-diam, lalu disodori keputusan justru malah menimbulkan konflik," ungkapnya.

Tentu hal itu sudah dipelajari Jokowi. Sehingga hal serupa tidak akan terjadi jika keduanya benar-benar berpasangan pada pilpres 2014. "Setiap orang akan belajar dari pengalaman masa lalu. Yang lain akan melihat pengalaman itu dan mencari solusi," tandasnya.

Sebelumnya, politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul meragukan Jokowi bisa bertahan dengan Jusuf Kalla saat jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden. Sebab, saat berduet, SBY sangat capek dengan sikap JK.

"SBY saja capek, apalagi Jokowi, bisa stres dia," ujar Ruhut, Senin 14 April 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Pilpres 2014

  • JK