Sukses

Jokowi Isyaratkan Umumkan Cawapres Besok

"Kemarin deklarasi capresnya kapan?" tanya Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden ‎yang diusung oleh PDI Perjuangan Joko Widodo sepertinya telah menetukan siapa cawapres yang akan berpasangan dengannya menghadapi Pilpres nanti. Lantas, kapan gubernur DKI Jakarta itu akan mengumumkan sosok cawapres pilihannya?

Saat ditanya oleh wartawan kapan ia akan menunjukkan pendampingnya, Jokowi menjawab dengan ‎memberi isyarat kalau dirinya akan menunjukkan sang Cawapres esok hari.

"Kemarin deklarasi capresnya kapan?" tanya Jokowi kepada para wartawan di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2014).

"Jumat, Pak," jawab wartawan.

Mendengar jawaban para wartawan, mantan walikota Solo itu hanya memberi respon dengan sebuah senyuman penuh maksud. Ia pun sempat menghela napas lalu kemudian mengambil langkah sedikit cepat dan meninggal para wartawan dan kembali kerumah dinasnya.

Jokowi sebelumnya mengungkapkan dirinya tidak memandang apakah bakal cawapresnya nanti berumur lebih tua dari dirinya. Ia mengaku tak akan segan bila cawapresnya nanti jauh lebih senior dari dirinya.

"Ya ndak dong, urusan kerja kok segan. Ya harus dipisah. Kalau urusan kerja, tugas, ya profesionalisme harus pisah. Mana urusan teman, mana urusan keluarga, pekerjaan dan pemerintahan," ujar Jokowi di sebuah rumah makan di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Ada tiga nama yang ramai dibicarakan mendampingi Jokowi. Yaitu Ryamizard Ryacudu, Jusuf Kalla, dan Mahfud MD. Ketiga nama itu merupakan nama-nama yang jauh lebih senior dibanding Jokowi.

Saat ditanya kapan tiga nama itu mengerucut menjadi satu nama, mantan walikota Solo itu tak mau menyebutkan kapan deklarasi dikakukan. "Nanti, belum lah. Saya pikir ini masih proses," kilah Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini