Sukses

Gagal ke Senayan, Roy Suryo: Suara Saya Hilang 48 Ribu

Roy menyebut pihaknya telah menyimpan bukti-bukti kecurangan hilangnya suara dalam Pileg 2014 itu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hasil rekapitulasi suara Pileg 2014 oleh KPUD DIY mendapat respons dari beberapa caleg. Salah satunya datang dari caleg Demokrat Roy Suryo.

Roy Suryo terancam gagal melenggang ke Senayan lantaran dalam hasil rekapitulasi suara di KPUD DIY, ia kalah dari perolehan suara caleg lain, Ambar Tjahyono.

Hasil rekapitulasi itu mengungkapkan, Menpora hanya mendapat 28.143 suara. Sedangkan Ambar Tjahyono unggul dengan mendulang 38.166 suara. Roy mengaku dirinya kehilangan sekitar 48 ribu suara miliknya di DIY.

"Suara saya banyak yang hilang. Ada 48 ribu suara yang hilang. Jumlah ini kan jauh banget ilangnya. Seharusnya suara saya lebih dari 70 ribu. Sementara saya dapat 28 ribu suara, caleg itu (AT) dapat 38 ribu terpaut 10 ribu. Ya kalo mau nyuri kok banyak banget," kata Roy ketika dikonfirmasi dari Yogyakarta, Kamis (24/04/2014).

Roy menyebut, pihaknya telah menyimpan bukti-bukti kecurangan hilangnya suara dalam Pileg 2014 itu. Kecurangan tersebut banyak terjadi di 3 kabupaten yaitu Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul. Pihaknya juga siap membeberkan bentuk kecurangan itu.

"Ada. Kita simpen data-datanya. Pokoknya di 3 kabupaten," ungkapnya.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Humas KPU DIY Bambang Farid mengatakan, data kecurangan yang disimpan oleh Roy Suryo itu bisa menjadi temuan yang dapat disampaikan ke KPU DIY. Hal itu untuk membuktikan adanya kecurangan Pemilu yang bersifat substantif.

"Kalo ada buktinya, substantif. Tapi kalo nggak ada, ya asumtif. Pemilu 2014 saat ini lebih sulit untuk terjadi kecurangan. Saya melihat pemilu ini bisa meminimalatif kecurangan," tukas Farid. (Tanti Yulianingsih)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini