Sukses

Video Caleg Selebritis yang Lolos dan Gagal ke Senayan

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2014 banyak partai politik yang menjadikan artis atau publik figur sebagai calon anggota legislatif (caleg). Upaya tersebut dilakukan untuk mendongkrak suara partai pada pemilu legislatif.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (24/4/2014), namun strategi tersebut tidak sepenuhnya berhasil. Ada sejumlah caleg selebritis yang lolos menduduki kursi dewan. Ada pula yang gagal.

Tidak sedikit caleg dari kalangan selebritis yang diperkirakan lolos menjadi anggota dewan. Beberapa di antaranya merupakan pemain lama di kursi dewan. Meski ada juga wajah baru yang juga diperkirakan melenggang ke Senayan.

Pelantun tembang lawan madu dan racun, Jamal Mirdad diperkirakan akan kembali menduduki kursi dewan. Demikian pula Rachel Maryam. Kedua caleg dari Partai Gerindra ini sebelumnya juga menjadi anggota DPR periode 2009-2014.

Sementara mantan petenis nasional Yayuk Basuki, menjadi wajah baru yang akan menduduki kursi DPR. Yayuk Basuki menjadi caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nomor urut 1 di dapil Jawa Tengah 1.

Namun status sebagai selebritis bukan jaminan seorang caleg dipilih oleh rakyat. Seperti model majalah dewasa Destiara Talita, yang mencoba peruntungannya menjadi politisi dari PKPI.

Meskipun gagal, Talita masih berhasrat untuk kembali menjadi caleg pada pemilu 5 tahun mendatang. Talita kini juga tengah kuliah untuk meraih gelar master di bidang hukum. Tak hanya Talita, Farhat Abbas dan Angel Lelga juga diperkirakan gagal menduduki kursi dewan.

Bukan hanya pendatang baru. Artis yang juga incumbent DPR RI, Vena Melinda dari Partai Demokrat kali ini tidak mampu meraih suara yang cukup untuk membawa dirinya menduduki kursi DPR. Suara terbanyak di dapilnya, Jawa Timur 6 diraih oleh PDI Perjuangan (PDIP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.