Sukses

Dana Kampanye PBB Rp 71,3 Miliar, 17 Caleg Belum Melapor

Dana paling banyak dihabiskan oleh para calon legislatif yang maju pada pemilu legislatif 9 April lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku dana akhir kampanye mereka Rp 71,3 miliar. Jumlah ini diketahui saat PBB datang melapor ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Staf Komite Aksi Pemenangan Pemilu PBB Neli Susanti mengatakan, dana itu paling banyak dihabiskan para calon legislatif yang maju pada pemilu legislatif 9 April lalu.

"Total dana kampanye Rp 71,3 miliar. Dana dari parpol Rp 1,2 miliar. Dari caleg Rp 67 miliar, berupa uang 184 juta," kata Neli di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (24/4/2014). Dia mengungkapkan, partainya mendapat sumbangan dari badan usaha, tapi dalam bentuk bendera dan nominal uang Rp 2,1 miliar.

Kendati mengaku dana lebih banyak dihabiskan oleh caleg, namun Neli enggan merinci pembelanjaan dana tersebut. Dia hanya menjelaskan, dana tersebut juga merupakan urunan dari partai dan caleg. "Itu dari parpol, caleg berupa jasa atau uang tunai," ujarnya.

Masih kata Neli, di internal partainya masih ada caleg yang tidak melapor. "Dari 536 caleg, 17 orang tidak melapor. Ada yang tidak ada kegiatan, jadi tidak melapor."

KPU menetapkan hari ini sebagai batas akhir pelaporan dana kampanye partai politik peserta pemilu. Laporan dana yang sudah masuk ke KPU selanjutnya akan diaudit oleh kantor akuntan publik yang ditunjuk KPU. Caleg dan parpol yang terlambat melapor akan dibatalkan keterpilihannya oleh lembaga penyelenggara pemilu itu.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.