Sukses

JK Jadi Cawapresnya? Jokowi: Masih Proses, Belum Ada Keputusan

Jokowi membantah pihaknya telah menetapkan Jusuf Kalla sebagai bakal cawapresnya. Dia menyebut 3 nama masih dalam proses.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo membantah kalau pihaknya telah menetapkan Jusuf Kalla sebagai bakal cawapresnya. Bantahan Jokowi ini membuat rumor yang mengatakan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla tinggal menunggu deklarasi menjadi terbantahkan.

"Belum, sampai saat ini masih dalam proses, belum ada keputusan," ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi di sebuah rumah makan di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (24/4/2014).

Jokowi mengatakan, saat ini nama bakal cawapres baru mengerucut pada 3 nama. Ketiga nama itu pun kata dia masih dalam tahap pembahasan. Karena itu dia tidak bersedia menyebut 3 nama yang dimaksud.
‎
"Sekarang masih ada 3 nama. Kadang 2 nama, kadang 3 nama, tidak bisa saya sebutkan," kata mantan Walikota Solo ini.

Bantahan serupa juga datang dari JK. Mantan Wakil Presiden RI itu hanya memberikan jawaban singkat saat dikonfirmasi. "Maaf, belum ada pemberitahuan resmi," kata JK melalui pesan singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis siang.

Dari internal PDIP, Wakil Sekjen Eriko Sotarduga mengatakan, hingga saat ini belum ada pengumuman siapa cawapres Jokowi. Karena, pendeklarasian cawapres dilakukan setelah penghitungan suara resmi oleh KPU selesai.

"Belum ada tuh pengumuman siapa nama cawapres Jokowi," ujar Erico.

Soal kabar pertemuan tertutup saat JK menyatakan kesediaan jadi pasangan Jokowi pun dibantah Erico. Anggota Komisi V DPR itu mengatakan, belum menerima kabar apa pun soal pertemuan tertutup tersebut.

"Belum ada. Senin saya baru pulang dari luar daerah dan kemarin habis ziarah ke makam orangtua saya," tegas Erico.

Sementara anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menyebutkan nama cawapres Jokowi yang akan diumumkan nanti merupakan sosok yang akan menjadi kejutan bagi rakyat Indonesia.

"Dari 5 kan ngerucut 3. Soal nama-namanya itu kan DPP yang nanti akan memberi tahu. Pokoknya tunggulah, ada gebrakan yang lebih penting untuk rakyat dan untuk kalian juga," ujar Rieke.

Jokowi sebelumnya telah mengisyaratkan akan ada kejutan yang diberikan kepada publik saat pengumuman cawapres nanti. "Ya, kamu tunggu sajalah, nanti tahu-tahu kamu kaget saja," ucap Jokowi. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.