Sukses

Lengser dari Garut, Aceng Fikri Berpeluang ke Senayan

Dari Partai Demokrat, Ketua DPR Marzuki Alie yang bersaing di daerah pemilihan (dapil) Jakarta 3 diperkirakan gagal melenggang ke Senayan.

Liputan6.com, Jakarta Dari Partai Demokrat, Ketua DPR Marzuki Alie yang bersaing di daerah pemilihan (dapil) Jakarta 3 diperkirakan gagal melenggang ke Senayan. Kegagalan Marzuki diperkirakan sebagai efek domino dari turunnya suara Demokrat, dan dirinya juga kerap mengeluarkan pernyataan kontroversial.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (24/4/2014), Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana yang bersaing di daerah pemilihan Sumatera Utara (Sumut) I juga diperkirakan tidak bisa kembali ke Senayan.

Sutan yang bertarung dengan sesama petahana Demokrat Ruhut Sitompul, belakangan namanya disebut-sebut dalam kasus dugaan suap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

Selain Sutan, Menpora Roy Suryo yang mencoba kembali ke Senayan diperkirakan kalah bersaing di dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Nama-nama baru akan menduduki kursi DPR, seperti Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto --putri mantan presiden Soeharto-- dan Hanafi Rais --anak politisi PAN Amien Rais.

Petahana DPR Inggrid Kansil juga diperkirakan tidak akan bisa melenggang ke Senayan lagi.

Dari Partai Golkar, Nurul Arifin diperkirakan tidak lolos ke Senayan. Gagalnya Wakil Sekjen Partai Golkar ini cukup mengejutkan karena selama ini Nurul dikenal sangat aktif di DPR.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso juga diperkirakan terlempar dari Senayan. Hal ini dikarenakan di Dapil Jawa Timur I, Golkar hanya mampu mendapat 1 kursi. Jelang Pemilu, Priyo juga disebut-sebut Fahd A Rafiq --putra pedangdut A Rafiq-- dalam sidang dugaan korupsi pengadaan Alquran.

Dari PAN, musisi Dwiki Darmawan diperkirakan gagal memperoleh suara yang cukup untuk menjadi anggota DPR di Dapil Jakarta II. Suara terbanyak diraih oleh politisi PKS Hidayat Nur Wahid.

Meski terkenal sebagai artis calon legislatif (caleg) PAN lainnya, Jeremy Thomas juga diprediksi gagal. Demikian pula pakar ekonomi Didik J Rachbini.

Berlanjut ke PPP, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Syaifuddin juga diprediksi gagal kembali ke Senayan. Demikian pula dengan pedangdut yang mencoba bermain politik Angel Lelga. Mantan istri Rhoma Irama yang bersaing di dapil 5 Solo ini hanya meraih 1600 suara. Kalah jauh dibanding peraih suara terbanyak di dapil 5 Puan Maharani yang meraih 72 ribu lebih suara.

Nama lain yang juga gagal ke Senayan ada Ketua Umum Gerindra Suhardi dan politisi PKS yang kini menjabat sebagai Menteri Pertanian Suswono.

Dari sejumlah nama-nama di atas yang gagal, tentu Anda masih ingat bukan dengan Aceng Fikri? Ya, Bupati Garut yang dilengserkan gara-gara menikah siri kilat hanya selama 4 hari ini malah berpeluang besar terpilih sebagai salah satu anggota DPD dari Jawa Barat.

Aceng akan menjadi penyambung lidah warga Jawa Barat bersama 3 anggota DPD lainya di Senayan setelah menyisihkan 33 calon DPD lainnya.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.