Sukses

KPU: Hasil Suara Jerman, China, Pakistan, dan Malaysia Bermasalah

Husni menuturkan, hingga tengah malam tadi, KPU baru merampungkan 29 dari 130 hasil suara PPLN.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebanyak 4 negara perwakilan yang bermasalah hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Legislatif 2014-nya. Keempat daerah pemilihan luar negeri itu yakni Berlin-Jerman, Beijing-China, Islamabad-Pakistan, dan Kuala Lumpur-Malaysia.

"Jadi memang ada (hasil perhitungan) tidak sinkron di surat suara yang digunakan dengan surat suara yang dikembalikan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik di kantornya, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

"Kita tak mau duga-duga supaya ada kepastian jadi konfirmasi ke PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri."

Husni menuturkan, hingga tengah malam tadi, KPU baru merampungkan 29 dari 130 hasil suara PPLN. "Mudah-mudahan terkejar, rencana sampai tanggal 25 April sebelum 26 April rekap keseluruhan," tuturnya.

KPU telah menggelar rapat terbuka perhitungan hasil pemilu luar negeri. Namun masih terdapat 35 PPLN yang belum mengirimkan hasil pencoblosan melalui drop box dan pos karena terkendala distribusi perusahaan ekspedisi.

KPU menargetkan penghitungan suara untuk pemilu perwakilan luar negeri selesai pada 25 April.

"Kita menargetkan tuntas sebelum 25 April. Kalau perkembangan yang ada itu penghantarnya, karena masing-masing saksi ingin selengkap-lengkapnya. Mungkin mereka juga butuh penjelasan dari awal," pungkas Husni.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini