Sukses

Antisipasi Kerusuhan, KPU Banten Gelar Pleno di Pendopo Gubernur

Kegiatan itu dimulai pada Kamis pukul 08.00 WIB sampai selesai. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan digelar hingga malam hari.

Liputan6.com, Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 di Pendopo Gubernur Banten, Jalan Brigjen Syam`un, Kota Serang.

"Kita akan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu Kamis (24/4/2014) di Pendopo Gubernur Banten," ungkap Agus Supriatna, Ketua KPU Banten di ruangannya, kemarin.

Agus menuturkan, rencananya kegiatan itu dimulai pada Kamis pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan digelar hingga malam hari. Penghitungan suara pun akan dimulai sesuai dengan urutan daerah pemilihan (dapil).

"Kalau pengamanan kita sudah melakukan dengan pihak Polda (Banten)," tutur Ketua KPU Banten ini.

Terkait dengan banyaknya protes yang dilakukan parpol di KPU kabupaten atau kota, Agus menuturkan, KPU pada posisi hanya melakukan rekapitulasi perolehan hasil pemilu. Dia berharap, proses pelaksanaan rekapitulasi berjalan kondusif, aman, damai dan terkendali.

Di tempat terpisah, Kapolda Banten Brigjen Pol. M. Zulkarnain, mengatakan persiapan untuk pleno KPU Banten awalnya akan digelar di salah satu hotel di Kota Serang. Namun atas inisiatif Polda Banten demi keamanan dan mengantisipasi kerusuhan, kami meminta kepada KPU untuk menggelar pleno di Pendopo Gubernur lama, Kota Serang.

"Kami memberikan usulan agar tidak menggelar pleno di Hotel, pasalnya untuk hal pengamanan kami sulit memantau, dan tidak bisa mengamankan secara total jika pleno digelar di hotel, kan di hotel ada pihak keamanan, ada pengguna jasa hotel, ada aturan hotel lebih sulit untuk mengamankannya," ujar pria keturunan Padang-Palembang itu saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Atas inisiatif tersebut KPU banten dan pihak lainnya menyambut baik, dan menyetujui untuk menggelar pleno di Pendopo Gubernur Banten lama. Polda Banten pun siap mengamankan pleno tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.