Sukses

Hitung Suara Pileg 2014, PDIP Berjaya di Sumsel

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg 2014 di Dapil Sumsel I dan II, partai berlambang banteng moncong putih masih tetap berjaya.

Liputan6.com, Palembang - Ketangguhan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum meredup di Sumatera Selatan. Ini terbukti dari hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Dapil Sumsel I dan II, partai berlambang banteng moncong putih masih tetap berjaya.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (23/4/2014), dari hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 oleh KPU Kota Palembang untuk wilayah Sumsel I, PDIP berhasil menguasai perolehan suara dan berjaya di antara rival partai lainnya.

Untuk DPRD Sumsel I meliputi wilayah Kecamatan Ilir Barat II, Seberang Ulu 1, Seberang Ulu II, Ilir Barat I, Bukit Kecil, Gandus, Kertapati, dan Kecamatan Plaju. Dari 6 kursi yang diperebutkan di Dapil Sumsel 1, 6 partai yang memperoleh suara tertinggi, yakni PDIP meraih 55.420 suara, disusul Partai Demokrat sebanyak 51.671 suara.

Kemudian Gerindra 43.467 suara, lalu PKB dengan 37.380 suara dan selanjutnya Golkar dengan raihan 31.220. Di posisi keenam diraih PKS sebanyak 28.466 suara.

Pada Dapil Sumsel I hanya terdapat 6 kursi yang diperebutkan, sehingga 6 partai tersebut yang berhak mendapatkan masing-masing satu kursi. Sedangkan dari perolehan suara, keenam partai tersebut tidak ada yang melebih angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP), dan yang berhak duduk adalah caleg yang memiliki suara terbesar di setiap partainya.

Tak jauh berbeda dengan Dapil II, hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg 2014 untuk DPRD Sumsel Dapil Sumsel II, yang meliputi kecamatan IT 1, IT II, Sukarame, Sako, Kemuning, Kalidoni, Alang-alang Lebar, dan Sematang Borang juga dipegang PDIP.

Jumlah suara sah di dapil tersebut mencapai 346.072. Sesuai BPP artinya 346.072 dibagi jumlah kursi maka hasil BPP-nya adalah 49.438, merujuk hasil rekap di KPU Palembang untuk DPRD Sumsel Dapil Sumsel II, PDIP merupakan satu-satunya partai yang melampaui BPP dengan raihan suara mencapai 78.160 suara.

Disusul Partai Gerindra memperoleh 49.288 suara, lalu Demokrat 37.815 suara, dan Golkar meraih 37.568 suara. Kemudian Nasdem meraih 24.873 suara dan PKS 23.218 suara.

Dari 7 kursi yang diperebutkan di Dapil Sumsel II ini, PDIP meraih 2 kursi. Sebab dari jumlah suara yang diraihnya melampaui BPP, sementara sisa suara dari BPP pun masih masuk di urutan kelima perolehan suara partai.

Namun sepertinya rekapitulasi KPU Palembang terhenti sementara di penghitungan tingkatan DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI ke KPU Sumsel saja, sementara untuk tingkatan DPRD Kota Palembang belum selesai dihitung.

Hal tersebut dilakukan KPU Palembang agar tidak tertinggal proses rekap di KPU Sumsel, pasalnya perolehan suara untuk tingkatan DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI akan kembali direkap oleh KPU Sumsel. Sementara perolehan suara DPRD Kota tidak lagi direkap.

"Ya, sore ini kita akan kirim hasil rekap untuk tiga tingkatan, yakni DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi," ujar Ketua KPU Palembang Abdul Karim Nasution kepada Liputan6.com, Rabu ini.

Dikebutnya rekapitulasi 3 perolehan suara untuk tingkatan tersebut lantaran besok merupakan batas akhir KPU Sumsel melakukan rekapitulasi. Dengan dikirimnya hasil rekap ke KPU Sumsel diharapkan hasil rekapitulasi perolehan suara DPD, DPR RI dan DPRD Sumsel dapat dibacakan malam ini.

Agar semua berjalan lancar, KPU Palembang akan membagi komisioner untuk mengikuti perekapan di KPU Sumsel dan memimpin jalannya rekapitulasi di KPU Palembang karena sampai saat ini masih tersisa 12 PPK yang belum direkap perolehan suaranya untuk tingkatan DPRD Kota Palembang.

"Untuk DPRD Kota masih sisa 12 PPK yang belum dibaca, mudah-mudah besok kelar," harap Abdul.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini