Sukses

Hasil Penghitungan Suara Pileg 2014 di Sejumlah Negara

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah menyelesaikan penghitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di sejumlah negara.

Liputan6.com, Singapura Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah menyelesaikan penghitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di sejumlah negara. Penghitungan suara selesai dilakukan untuk surat suara yang dicobls langsung ataupun yang masuk melalui pos.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (22/4/2014), di Singapura, proses penghitungan surat suara yang dicoblos langsung telah dilakukan pada 9 April 2014 dan dijaga oleh Panwaslu Tim Mantap Brata Polri serta para saksi partai.

Sementara penghitungan surat suara yang masuk melalui pos telah dilakukan pada 12 April lalu. Hasil penghitungan suara pun sudah dirilis pihak PPLN Singapura. Tingkat partisipasi WNI di Singapura meningkat tajam dibanding Pemilu 2009. Dari 18.286 pemilih menjadi 23.851 pemilih.

Di Singapura, PDI Perjuangan memimpin dengan meraup 44 persen dari 22.223 suara sah. Disusul Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan jauh di bawah PDIP yaitu 12,53 persen, di peringkat 3 Golkar dengan meraih 8,22 persen suara, baru kemudian Partai Demokrat dan Gerindra. Sementara sejumlah partai lainnya hanya memperoleh sekitar 3 persen suara.

Di Arab Saudi, PDI Perjuangan kembali memimpin dengan sekitar 32 persen suara. Beda tipis dengan PKB yang berada di peringkat kedua. Sementara PKS menyusul dengan sekitar 11 persen suara, disusul Gerindra dan PPP.

Di Australia, di daerah pemilihan di New South Wales Queensland dan South Australia, PDI Perjuangan juga memimpin dengan lebih dari 58 persen suara. Sementara PKS di tempat kedua hanya meraih 14,83 persen suara disusul oleh Gerindra, Demokrat, dan Golkar.

Simak hasil penghitungan suara dari berbagai negara selengkapnya dalam video di bawah ini:

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini