Sukses

Antisipasi Capres Diracun, Polri Siapkan Pengawal Makanan

Polri mempersiapkan security food atau pengawal makanan bagi para capres yang sudah resmi terdaftar di KPU.

Liputan6.com, Jakarta- Polri mempersiapkan tim food security atau pengawal makanan bagi para capres yang sudah resmi terdaftar di KPU untuk bertarung pada Pilpres 2014.

"Kita sudah siapkan anggota yang kan melekat, itu termasuk personel yang kita siapkan dari  253.000 personel sebagai Pam (personel pengamanan). Nanti kita sesuaikan," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Pol Agus Rianto di Jakarta, Senin (21/4/2014).

"Untuk food security atau tim lain yang sifatnya diperlukan itu di luar tim itu. Kita akan koordinasi dengan tim yang tugasnya mem-back up," imbuh dia.

Agus menjelaskan, pengamanan terhadap capres mulai dilakukan sejak bulan Juni hingga pelantikan capres dan cawapres terpilih pada Oktober mendatang. Jumlah personel pada masing-masing capres akan dipersiapkan sesuai kebutuhan.

"Pada prinsipnya kita sudah mempersiapkan diri. Sudah ada tim, yang nantinya akan melaksanakan tugas secara melekat pada masing-masing calon. Setelah ditentukan. Kita siapkan semaksinal mungkin," tandas Agus.

Pendaftaran capres dari koalisi partai yang memegang suara lebih dari 20% persen dibuka paling lambat 20 Mei 2014. Sejauh ini, sejumlah partai politik (parpol) peserta pemilu tengah berkomunikasi satu sama lain untuk membentuk koalisi.

3 Nama disebut-sebut sebagai tokoh yang berpotensial menjadi capres karena partainya meraih suara 3 besar. Yakni Joko Widodo atau Jokowi dari PDIP, Aburizal Bakrie atau Ical dari Golkar, dan Prabowo Subianto dari Gerindra.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini