Sukses

Cawapres Jokowi Jadi 3, Siapa Saja Mereka?

Nama bakal calon wakil presiden pendamping Joko Widodo atau Jokowi yang semula berjumlah 5 menjadi 3 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengaku telah mengerucutkan nama bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo atau Jokowi yang semula berjumlah 5 menjadi 3 orang. Hal itu diungkapkan politisi senior PDIP Pramono Anung.

"Di internal PDIP kewenangan ini ada di Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) dan Jokowi untuk memutuskan siapa yang akan menjadi cawapres (calon wakil presiden). Jadi sekarang ini hitung-hitungannya adalah mengerucutkan nama yang sudah ada, sekarang 3 nama," kata Pramono Anung di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Diduga, 3 calon itu adalah Jusuf Kalla, Mahfud MD, dan mantan KSAD Ryamizard Ryacudu. Soal 3 nama itu, Pram hanya diam saja, tak mau memberi komentar apa-apa. Hanya tersenyum kecil.

"Mengenai siapa orangnya saya tidak berkompeten untuk itu walaupun di diskusi internal kami semua diberikan kewenangan untuk menyampaikan hal itu kepada Bu Mega dan Jokowi," imbuh Pram, demikian politisi partai berlambang banteng moncong putih itu akrab disapa.

Terkait waktu pendeklarasian Jokowi, Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan ada 2 pandangan yang jadi persoalan. "Satu, masih menunggu keputusan resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum) karena plenonya direncanakan 5 Mei (2014). Kedua, diinikan sekarang," pungkas Pramono.

Jokowi Masih Bungkam

Beberapa nama digadang-gadang masuk dalam daftar cawapres yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2014. Jokowi menyebut sudah ada 5 nama yang masuk dalam daftar itu. Bahkan, kelima nama itu sudah mengerucut berpeluang besar mendampingi Jokowi.

"Sudah mengerucut tapi nggak bisa saya sebutkan. Dari 5 jadi...tapi belum jadi satu, nanti secepatnya," kata Jokowi di rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kemarin atau Minggu 20 April.

Pria kurus asal Solo, Jawa Tengah itu sampai sekarang belum mengungkap kapan deklarasi capres-cawapres PDIP itu akan diumumkan. Paling lama, 2 minggu ke depan nama itu sudah muncul.

"Bisa sehari lagi bisa seminggu lagi, bisa 2 minggu lagi tapi belum. Kalau sudah saya sebut, kalau sudah. Kalau jadi 3 saya sebut," tandas Jokowi. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini