Sukses

PKB Curiga Capres Tertentu `Membonceng` Poros Baru

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah partai politik berbasis Islam mulai berkomunikasi jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2014. Pembentukan poros baru yang diprakarsai oleh ormas Islam dan Amien Rais juga mulai mewacanakan sosok yang akan dimajukan sebagai capres.

Namun menurut Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar, poros baru sangat membuka peluang untuk disusupi sosok yang selama ini sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden.

"Apakah ini niatan tulus untuk membentuk negara lebih baik atau ini merupakan tendangan pisang menuju untuk mendukung seorang capres tertentu," ujar Marwan Jafar saat diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (19/4/2014).

Dia menjelaskan, kecurigaannya itu juga muncul dengan wacana koalisi yang tidak hanya mutlak dari unsur partai Islam saja, namun juga adanya unsur partai dengan ideologi nasionalis.

"Memang saat ini tidak ada dikotomi partai Islam atau non-Islam (nasionalis), dalam konteks partai Indonesia ini. Pada kenyataannya, justru berdasarkan survei, di mana pemilih yang mayoritas pemilih Islam banyak yang tidak mendukung partai berbasis Islam," terangnya.

Selain itu, figur yang akan diusung partai islam saat ini juga belum ada yang memiliki elektabilitas setinggi partai yang dimunculkan partai nasionalis. "Kalau berdasarkan survei belum ada tokoh Partai Islam, di mana belum dapat menandingi tokoh nasional, meski semua ketua umum adalah tokoh," tandas Marwan. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini