Sukses

Prabowo Akan Bertemu Amien Rais, Gerindra Incar Koalisi Besar?

Sebelumnya sejumlah tokoh dan politisi Islam bertemu di Cikini, Jakarta Pusat, menggagas pembentukan Koalisi Indonesia Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Resmi berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra semakin memperlihatkan langkahnya untuk membangun koalisi yang lebih besar dengan partai-partai berbasis Islam lainnya.

"Semua ini (koalisi dengan PPP dan komunikasi dengan partai-partai lain), dalam rangka membangun koalisi yang besar itu," kata Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat menghadiri deklarasi dukungan PPP untuk Gerindra di DPP PPP, Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Sebelumnya sejumlah tokoh dan politisi Islam bertemu di Cikini, Jakarta Pusat, menggagas pembentukan Koalisi Indonesia Raya yang terdiri dari partai berbasis Islam dan partai nasionalis. Salah satu penggagas adalah mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Amien Rais.

Terkait koalisi besar itu, Prabowo mengatakan akan bertemu Amien dalam waktu dekat. Prabowo juga akan melanjutkan safari politiknya, menyambangi partai politik lain untuk membangun koalisi besar. Tak terkecuali dengan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Logikanya begitu. Selama ini kita komunikasi intensif hampir dengan semua partai. Ada PKB, PAN, PKS, Demokrat, Golkar dan Hanura," ujarnya. Partainya, lanjut Prabowo, juga terbuka untuk PDIP jika partai berlambang banteng merah moncong putih itu ingin bergabung.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali juga sependapat dengan pembentukan Koalisi Indonesia Raya. Suryadharma yakin Prabowo akan sangat terbuka atas kemungkinan koalisi dengan partai lain.

"Kalau bukan Koalisi Indonesia Raya, dan berdua saja (Gerindra dengan PPP) itu namanya Koalisi Gabah, yang bisa bermakna Garuda Kabah," ujar Suryadharma singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.