Sukses

Anis Matta Isyaratkan Koalisi Parpol Islam Usung Capres Sendiri

Menurut Presiden PKS Anis Matta, pertemuan tokoh-tokoh parpol Islam baru tahap penyamaan persepsi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengungkapkan, pertemuan tokoh-tokoh partai politik Islam dan berbasis Islam di kediaman kediaman Ratna Hasyim Ning malam ini, baru tahap penyamaan persepsi. Salah satunya terkait kemungkinan mengusung bakal calon presiden dari Koalisi Poros Tengah.

"Ini waktunya untuk memikirkan kemungkinan kita memiliki capres sendiri dari parpol-parpol Islam ini," kata Anis usai pertemuan di kawasan Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/4/2014) malam.

Hal itu melihat perolehan suara partai-partai Islam dan berbasis Islam. Seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang masuk posisi 5 besar dengan 9% suara. Begitu juga PAN, PPP, dan PKS yang memiliki jumlah suara yang mengalami peningkatan.

"Jadi targetnya hanya menyamakan persepsi dulu, bahwa perolehan suara parpol Islam ini sangat signifikan. Di antara parpol Islam dengan perolehan seperti ini sudah waktunya memikirkan untuk mengajukan calon untuk bertarung di pilpres mendatang," jelas bakal capres dari PKS ini.

Namun, menurut Anis, keputusan mengenai hal itu belum diambil. Sebab, belum ada ide spesifik yang dihasilkan dalam pertemuan hari ini. Anis memastikan akan ada pertemuan selanjutnya untuk memantapkan dialog.

Anis pun mengaku kehadiran dirinya bertujuan menyerap semua aspirasi yang ada terlebih dahulu. Kemudian, aspirasi itu akan ia sampaikan ke Majelis Syuro PKS. "Ini kan masalah yang tidak mungkin diselesaikan dalam satu kali pertemuan ya," jelas Anis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.