Sukses

Jokowi Bertemu Dubes, JK: AS Ingin Belajar dari Indonesia

Jusuf Kalla menilai pertemuan antara Jokowi dan Dubes AS adalah untuk menjalin kerja sama yang lebih erat antara kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan sejumlah duta besar negara sahabat, termasuk Amerika Serikat (AS), memunculkan banyak prasangka. Ada yang mengatakan AS sedang menekan Jokowi dan ada pula yang menyebutkan Jokowi sedang meminta restu untuk pencapresan dirinya oleh PDI Perjuangan.

Tapi, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat pertemuan antara Jokowi dan Dubes AS Robert Blake itu dari perspektif berbeda. Dirinya menilai pertemuan itu untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Indonesia.

"Saya sudah jelaskan, justru Amerika itu ingin belajar tentang bagaimana bisa bekerja sama dengan Vietnam," kata pria yang karib disapa JK itu usai menghadiri diskusi di aula Masjid Al Azhar, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (16/4/2014).

Menurut JK, Amerika selalu kesulitan menjalin kerja sama dengan Vietnam. Karena itu pihaknya ingin belajar dari Indonesia. "Karena Amerika sulit masuk. Kalau Vietnam kan sudah dengan Rohingya. Jadi mereka ingin kerja sama," lanjutnya.

Sementara terkait dengan keinginan sejumlah kalangan agar JK menjadi tokoh pemersatu bagi parpol berbasis Islam, politisi Partai Golkar ini mengatakan belum pernah membicarakannya dengan para pimpinan parpol tersebut. "Belum bicara dengan teman-teman," tegas JK.

Menurut JK, partai manapun bisa mengajukan capres sendiri. Asalkan memenuhi syarat kursi parlemen 20% dan suara partai 25%. Karena itu, tidak menutup kemungkinan partai berbasis Islam bergabung dan membentuk koalisi.

"Semua partai bisa mengusulkan, asal memenuhi syarat, tapi itu belum kita bicarakan," tandasnya. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini