Sukses

Gerilya Koalisi Demokrat, Ruhut Sitompul: Hanya SBY yang Tahu

Partai Demokrat solid mendukung keputusan politik yang diambil oleh SBY dalam mencari rekan koalisi menuju Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dari partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014 lainnya, Partai Demokrat hampir bisa dikatakan tak terlihat gerakannya mencari rekan koalisi. Soal koalisi ini agaknya masih disimpan rapat oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Apalagi, Juru Bicara PD Ruhut Sitompul memastikan bahwa semua kader partai solid mendukung keputusan politik yang diambil oleh SBY, termasuk dalam mencari rekan koalisi.

"Hanya SBY yang tahu, kita sabar menunggu, apabila sudah diputus koalisi, kami siap sukseskan amanat SBY," ujar Ruhut saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Ruhut memastikan, kendati perolehan suara partainya jauh dari harapan, pengaruh Demokrat menuju Pemilihan Presiden 2014 tetap kuat. Sejumlah parpol besar pemenang pileg disebut-sebut Ruhut saat ini tengah mendekat ke Demokrat.

Menurutnya, Demokrat sebagai partai papan tengah dengan perolehan suara yang cukup berpengaruh tetap menjadi primadona. Buktinya, lanjut Ruhut, kubu dari calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo dan capres dari Partai Golkar Aburizal Bakrie tengah melakukan pendekatan.

"Melihat poisisi sekarang, SBY itu real king maker. Ke mana kami koalisi itu yang akan keluar jadi presiden. Itu kan kawan-kawan koalisi mau merapat ke SBY, baik itu Gerindra dan utusan Jokowi, begitu juga utusan Ical," ungkapnya.

Terkait dengan Partai Gerindra, dalam waktu dekat SBY memang dikabarkan bakal bertemu dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dipastikan, keduanya akan membicarakan kemungkinan berkoalisi.  "Pertemuannya minggu ini, tapi pastinya hari apa masih nunggu SBY," jelas Ruhut. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.