Sukses

PDIP Papua Yakin Tuah `Jokowi Effect`

Ketua DPD PDIP Papua Komaruddin Watubun menilai kedatangan Jokowi berkampanye ke wilayahnya sangat memengaruhi perolehan suara.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD PDIP Papua Komaruddin Watubun menilai kedatangan calon presiden PDIP Joko Widodo berkampanye ke wilayahnya sangat bertuah alias ampuh memengaruhi perolehan suara PDIP di Bumi Cenderawasih. Walau tidak bisa menjamin partainya akan menang besar di Papua saat pilpres nanti, iya perolehan suara Jokowi akan tinggi di Papua.

"Saat Pilpres nanti, Pak Jokowi pasti menang di Papua, beliau sangat menjadi idola di sana," ujar Komaruddin usai mengikuti rapat koordinasi di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 15 April 2014 malam.

Keyakinan Jokowi akan menang besar di Papua, menurutnya, dilihat dari antusiasnya warga saat menyambut kedatangan Jokowi Sorong dan Jayapura saat masa kampanye Pemilu Legislatif. Kedatangan Jokowi di kedua kota itu dinilai merupakan kampanye yang paling banyak dihadiri oleh warga Papua.

"‎Pak Jokowi di sana waktu itu bisa dibilang kampanye terbesar dari seluruh capres dan partai. Jadi warga di sana macam orang jemput Persipura habis main bola. Ramai sekali. Makanya kita semua yakin dia pasti menang di Papua," kata Komarudin.

Komarudin tak yakin dengan ucapan beberapa pengamat yang menyatakan Jokowi effect di daerah-daerah tidak memengaruhi perolehan suara PDIP. Sebab buktinya sambutan terhadap Jokowi di daerah sangat besar.

"Kadang media terlalu besar-besarkan, itu nggak relevan munculnya Pak Jokowi tidak efek. Padahal di sana itu banyak yang prinsipnya kami pilih diri kami dulu sendiri, setelah itu baru pilih Jokowi sebagai presiden. Semuanya masih fokus untuk menangkan Pileg," kata dia.

Namun demikian, Komarudin mengaku belum bisa memprediksi berapa perolehan suara PDIP pada Pemilu Legislatif ini. Pihaknya masih menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU Papua. Terlebih beberapa daerah pegunungan terjadi keterlambatan karena terhambatnya logistik yang masuk ke wilayah-wilayah tersebut.

‎"Kalau di kota-kota kita unggul, seperti di Merauke, Timika, dan Jayapura. Tapi kan itu baru di 3 kota. Di daerah pegunungan belum tahu berapa. Yang penting kita tetap optimis menang di daerah-daerah gunung," ucap Komaruddin.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.