Sukses

Guruh Soekarnoputra Belum Temukan Capres Ideal, Jokowi Sekalipun

Saat PDIP menjagokan Jokowi sebagai kandidat presiden, Guruh Soekarnoputra tetap menyuarakan pandangan berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjagokan Joko Widodo atau Jokowi sebagai kandidat presiden, Guruh Soekarnoputra tetap menyuarakan pandangan berbeda.

Anggota DPR RI dari PDIP itu mengaku belum menemukan bakal calon presiden yang ideal. Termasuk, Jokowi sekalipun.

"Saya belum lihat sosok capres ideal, meskipun Jokowi memang pemimpin yang suka bekerja keras dan baik, terutama saat menjabat sebagai Walikota Solo," kata politisi senior partai berlambang banteng moncong putih itu di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Adik kandung mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini bahkan menyarankan kepada Jokowi, untuk belajar politik lebih dalam dan lebih luas. Sebab, imbuh Guruh, tidak mudah memimpin Indonesia.

Dia mengatakan, Jokowi memimpin Jakarta baru berjalan sebentar dan bahkan belum ada setengahnya. "Kami memegang pelajaran Bung Karno. Nah, Pak Jokowi ini sudah sejauh mana paham dengan ajaran Bung Karno yang menciptakan ideologi? Kalau sudah, ideologi yang seperti apa?" imbuh putra kedua mendiang Presiden Pertama RI Soekarno.

Guruh menambahkan, untuk menjadi pemimpin bangsa, khususnya Indonesia, presiden mendatang harus bisa mengembalikan ruh Undang-Undang Dasar 1945 seperti semula. Tidak seperti saat ini, yang menurutnya sudah banyak perubahan, bahkan menjurus pada sistem negara liberalis dan kapitalis.

"Banyak ketidaksetujuan saya dengan negara kita, karena banyak konstitusi yang menyeleweng dari Pancasila. Nah, UUD 1945 sebagai induk banyak diubah serta penyelewengan, sehingga itu harus dikembalikan seperti dahulu," tandas adik kandung Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini